Pacitan Raih KI Awards 2021 Sebagai Badan Publik Informatif Kategori A

oleh -Dibaca 407 kali
TERIMA KI Awards 2021. Bupati Aji menerima penghargaan KI Awards 2021 dari KI Provinsi pada Rabu (15/12/2021). (Foto: Sulthan Shalahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten Pacitan meraih penghargaan Keterbukaan Informasi (KI) Awards tahun 2021.

Ada dua penghargaan yang diperoleh Pacitan di KI Awards 2021, yakni kategori Pengelola dan Pendokumentasian Informasi terbaik dan Badan Publik Informatif Kategori A dengan score 98 Tingkat Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

KI Awards 2021 untuk Pacitan tersebut diserahkan oleh Komisioner Komisi Informasi Provinsi (KIP) Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Elys Yusniawati kepada Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji di Ruang Kerja Bupati pada Rabu (15/12/2021).

Saat dikonfirmasi usai menerima penghargaan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengapresiasi kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pacitan yang telah bekerja keras mewujudkan keterbukaan informasi publik.

“Jadi memang benar, alhamdulillah berkat kerjasama dan kerja bareng kita mendapatkan nilai tertinggi se-Jatim, dan ini sebuah prestasi yang luar biasa,”kata Bupati Aji.

Namun demikian, pada sisi yang lain, Bupati mengatakan penghargaan itu juga menjadi pemicu dan komitmen untuk mempertahankan keterbukaan informasi publik.

“Akan tetapi juga menjadi sebuah pemicu, artinya komitmen kita sekarang yang kita pertaruhkan, artinya saya sebagai bupati juga rekan-rekan di OPD dan juga teman-teman Diskominfo, adalah komitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan, ini yang kita butuhkan kedepannya,”jelasnya.

Untuk diketahui, KI Awards merupakan penghargaan atas keterbukaan informasi publik yang diberikan kepada badan publik di wilayah Provinsi Jatim. Kegiatan ini sebagai rangkaian puncak dari monitoring dan evaluasi yang dilakukan Komisi Informasi Provinsi Jatim, terkait kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan ketentuan yang diatur dalam UU Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Adapun badan publik yang dievaluasi diantaranya perangkat daerah pemerintah Provinsi Jatim, pemerintah kabupaten/kota, KPU dan Bawaslu serta pemerintahan desa yang diajukan oleh masing-masing kabupaten/kota.

Terdapat 6 kategori dalam penghargaan KI Awards tahun 2021 yang terdiri dari kategori penyedia informasi setiap saat terbaik, kategori penyedia informasi berkala terbaik, kategori pengelola dan pendokumentasian informasi publik terbaik, badan publik menuju informatif, badan publik informatif dan mitra strategis.

Video Raih KI Awards 2021, Benarkah Keterbukaan Informasi Publik di Pacitan Sudah Baik?