Dinkes Pastikan Vaksinasi Lansia di Pacitan Dekati Angka 40 Persen

oleh -Dibaca 408 kali
GURU DIVAKSIN. Guru di Kecamatan Bandar saat menjalani vaksinasi oleh petugas dari Dinkes Pacitan beberapa waktu lalu. (Foto: Sulthan Shalahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan dr Trihariadi Hendra Purwaka memastikan capaian total untuk vaksinasi di Pacitan terus bertambah. Meski bertambah, namun syarat vaksinasi tersebut belum memenuhi syarat penurunan level PPKM dari level 3 ke level 2.

“Data status vaksin Pacitan sampai tanggal 27 Oktober 2021, capaiannya secara manual vaksinasi global dosis 1 mencapai 62 persen atau 293.166 warga Pacitan telah divaksin dosis pertama,”kata pria yang akrab disapa dr Hendra ini, saat dihubungi Pacitanku.com, Kamis (28/10/2021).

Total capaian vaksinasi 62 persen tersebut terbagi ke 29 pos vaksinasi di Pacitan, dengan rincian 24 Puskesmas dan sejumlah fasilitas kesehatan lainnya yaitu RSUD dr Darsono, PKU Muhammadiyah, Poskes DKT, Poskes Polres dan RS Ibu dan Anak Agung Mulia.

Meski saat ini capaian vaksinasi di Pacitan sudah 62 persen, level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 53 tahun 2021 tentang PPKM Level 3,2,1 di Jawa-Bali, Pacitan masih berada di posisi level 3. Hal itu dikarenakan vaksinasi warga lanjut usia (lansia) di Pacitan masih dibawah 40 persen.

Plt Kadinkes Hendra Purwaka. (Foto: Julian Tondo/Pacitanku.com)

“Untuk vaksin lansia di Pacitan per 27 Oktober 2021 sebanyak 37 persen, atau 33.538 lansia di Pacitan sudah divaksin dosis pertama,”ujar dr Hendra.

Selain itu, dr Hendra juga menyebut ada perbedaan data antara Dinkes Pacitan dengan data dari Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

“Data KPC PEN untuk vaksin global di Pacitan dosis pertama baru 58,89 persen, sementara data kita 62 persen, sedangkan data KPC PEN untuk vaksin lansia di Pacitan 31,52 persen sedangkan data kita dari Dinkes Pacitan 37 persen,”pungkasnya.

dr Hendra berharap vaksinasi bisa terus digencarkan dan berjalan dengan lancar dan sukses agar PPKM turun level dan mewujudkan herd imunnity masyarakat Pacitan.

Sebagai informasi, salah satu indikator penurunan level PPKM di kabupaten-kota dari level 3 menjadi level 2 adalah dengan capaian total vaksinasi dosis pertama minimal sebesar 50 persen dan capaian vaksinasi lansia harus mencapai 40 persen.

Pewarta: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.