Ketua Karang Taruna Pacitan Ajak Para Pemuda Tingkatkan Kepekaan Sosial di Masa Pandemi

oleh -Dibaca 382 kali
Ketua Karang Taruna Pacitan Mulyadi saat memberikan sambutan dalam peringatan sumpah pemuda Kamis (28/10/2021) di Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Karang Taruna (Katar) Kabupaten Pacitan Mulyadi mengajak para pemuda bisa meningkatkan kepekaan sosial di masa pandemi ini dalam momen sumpah pemuda ke-93.

“Di momen Sumpah Pemuda ini, harapan saya, di era pandemi ini kepekaan sosial yang harus ditingkatkan, melalui kepekaan sosial itulah kita kemudian bisa melakukan banyak hal, pengentasan kondisi sosial ekonomi masyarakat, gotong royong saling peduli, itu kuncinya kalau di era pandemi,”kata Mulyadi saat peringatan sumpah pemuda di Halking Kantor Disparpora Pacitan pada Kamis (28/10/2021).

Selain itu, Mulyadi mengungkapkan hal lain yang bisa dilakukan para pemuda adalah kegiatan edukasi saling memberikan pembelajaran bagi sesame.

“Ini kan sosial juga, misalnya membuat kelompok belajar di wilayah itu kan kegiatan sosial karena tidak  dibayar, jadi karang taruna membuat kelompok belajar di wilayah, nanti yang kuliah bisa ngajari SMA, yang SMA bisa ngajari yang SMP, SMP bisa ngajari yang SD,”papar pria yang juga Dosen Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Pacitan ini.

Menurut Mulyadi, jika pemuda memiliki kepekaan sosialnya tinggi hal itu bisa dijadikan kekuatan sinergi membangun Pacitan.

“Jadi pemuda harus aktif, dan perannya harus nyata. Kita tidak butuh pemuda yang banyak teori, banyak mengeluh, banyak meminta-minta, tapi butuh pemuda yang bisa beraksi nyata,”tegasnya.

Mulyadi mengatakan, sebenarnya sudah banyak pemuda Pacitan yang seperti memilik ciri tersebut. Hanya saja, kata dia, mungkin secara kuantitas harus di eksplor lagi.“Kita berupaya dengan teman-teman pemuda untuk bersinergi, dan berkolaborasi bersama-sama,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.