Peringati Sumpah Pemuda, Wabup Pacitan: Bangkitlah Pemuda! Jangan Terlena dengan Keadaan

oleh -Dibaca 312 kali
Gagarin didampingi Lancur Susanto saat berbincang dengan wartawan, Kamis (10/9/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Momen Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 ini, sejumlah tokoh menyampaikan pesan semangat kepada para generasi pemuda, salah satunya adalah Wakil Bupati Pacitan Gagarin.

Melalui laman facebooknya, Wabup Gagarin mengutip pesan dari tokoh nasional Tan Malaka,

“Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali,”kata Wabup Gagarin, Kamis (28/10/2021).

Usai mengutip pesan dari Tan Malaka, politikus Partai Golkar itu mengajak anak-anak muda untuk tidak terlena dengan keadaan.

“Bangkitlah pemuda! Jangan terlena dengan keadaan. Ingatlah bahwa kita masih dalam perjuangan yang sesungguhnya, tetaplah berpedoman dengan ikrar Sumpah Pemuda yang kita miliki,”pungkas Gagarin.

Untuk diketahui, Hari Sumpah Pemuda diperingati oleh bangsa Indonesia pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya.

Lahirnya Sumpah Pemuda tidak lepas dari penyelenggaraan Kongres Pemuda yang digelar pada 27 dan 28 Oktober 1928. Kongres pemuda kedua ditutup pada 28 Oktober 1928 dan menghasilkan rumusan. Para pemuda yang hadir menyebut rumusan tersebut sebagai Sumpah Pemuda.

Pada tahun ini, Hari Sumpah Pemuda diperingati ke-93 tahun. Pada peringatan kali ini, Hari Sumpah Pemuda mengangkat tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”. Melansir kemenpora.go.id, Selasa (26/9/2021), tema tersebut menggambarkan spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia.

Spirit lain yang dimaknai dalam tema ini adalah partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi COVID-19 dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan para pemuda. (red/DP)

No More Posts Available.

No more pages to load.