7 Cara Alami Hilangkan Masuk Angin, Dijamin Ces Pleng!

oleh -Dibaca 400 kali
Iustrasi sakit. (Foto: Freepick)

Pacitanku.com, PACITAN – Masuk angin adalah di mana kondisi tubuh sedang kurang enak badan. Gejalanya mulai dari perut kembung, banyak sendawa, buang gas, sampai dengan merasa kedinginan. Dalam dunia medis, masuk angin ini tidak ada istilahnya. Dan memang, istilah ini hanya ada di Indonesia saja. Tapi meski begitu, berbagai gejalanya akan membuat aktivitas jadi tidak nyaman.

Di Indonesia sendiri banyak sekali ditawarkan obat untuk masuk angin. Mulai produk herbal seperti Tolak Angin sampai dengan berbagai produk pereda obat dari apotek. Yuk kulik lebih dalam berbagai cara alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan berbagai gejala yang banyak dikategorikan sebagai masuk angin.

Minum Air Jahe

Cara pertama yang banyak dilakukan saat masuk angin adalah mengonsumsi minuman hangat. Salah satunya adalah teh jahe yang tidak hanya enak namun membuat tubuh jadi nyaman. Selain itu kandungan yang terdapat di dalam jahe juga membuat perut jadi nyaman. Tak salah selain jadi pereda masuk angin, juga untuk menghilangkan efek mabuk kendaraan.

Jika kurang suka jahe diolah jadi teh hangat, Anda bisa membuatnya menjadi jus, manisan, bahkan kue jahe. Supaya Anda tidak kerepotan, bisa memilih Tolak Angin rasa jahe. Sudah menjadi rahasia umum jika saat merasa tubuh meriang, orang-orang akan mengonsumsi Tolak Angin yang telah ada sejak tahun 1930 dengan menggunakan berbagai bahan herbal. Khasiatnya pun sudah tidak perlu diragukan lagi.

Mengenakan Pakain Hangat

Tidak hanya ‘diobati’ dari dalam, Anda juga bisa meredakan masuk angin dengan mengenakan pakaian yang hangat. Saat tubuh dalam kondisi dingin, akan semakin lemas jika keras kepala mengenakan pakaian yang tipis. Maka dari itulah, pakaian yang hangat akan membuat tubuh jadi makin stabil, imunitas tetap terjaga.

Supaya masuk angin cepat menghilang, perlu juga berada di tempat-tempat yang hangat. Dengan alasan itu, saat Anda pergi di malam hari atau berangkat pagi-pagi buta, sangat disarankan untuk mengenakan jaket yang menghangatkan supaya penyakit tidak mudah datang.

Mengoleskan Minyak Kayu Putih

Hal lainnya yang banyak dilakukan adalah mengoleskan minyak kayu putih di beberapa titik tubuh saat merasa masuk angin. Mulai dari bagian perut, tengkuk, kaki, telapak tangan, sampai dengan di sekitaran area kepala. Penggunaan minyak kayu putih ini juga bertujuan meningkatkan suhu tubuh.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Munculnya masuk angin bisa juga disebabkan karena kurangnya cairan yang dikonsumsi. Bisa jadi pekerjaan sedang padat, jadi lupa untuk banyak minum. Karena itu, Anda perlu mengonsumsi banyak cairan, bisa air putih atau aneka jus. Saat tubuh sudah mendapatkan cairan yang cukup, akan membuat sistem kerja tubuh jadi normal. Termasuk juga mengembalikan kinerja kekebalan tubuh.

Jika tubuh mengalami dehidrasi secara terus menerus, ke depannya tidak hanya berbagai gejala masuk angin yang datang, penyakit lainnya pun akan gampang menyerang. Oleh sebab itu, sesibuk apapun berbagai kegiatan yang dilakukan, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan. Jika perlu, pasang alarm atau pengingat untuk konsumsi cairan.

Konsumsi Sup Ayam

Cara alami lainnya yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi sup ayam. Berdasarkan sebuah penelitian yang diunggah di American Journal of Therapeutics, carnosine yang berada di sup ayam dapat meningkatkan kekebalan tubuh melawan berbagai gejala influenza. Seperti hanya flu, pusing, dan tubuh meriang.

Untuk tambahannya, Anda bisa mengombinasikan sup ayam dengan bumbu bawang putih, bawang bombay, wortel, dan lainnya. Berbagai nutrisi yang terdapat di sup ayam akan gampang diserap oleh tubuh jika dibandingkan dengan makanan padat. Dan sup buatan sendiri lebih gampang dikontrol kebersihannya, baik itu bahannya atau alat yang digunakan untuk mengolahnya.

Pilih Makanan Kaya Magnesium

Salah satu penyebab munculnya sakit kepala, bisa migren juga adalah kekurangan magnesium di dalam tubuh. Dan seperti yang Anda ketahui, pusing merupakan salah satu gejala yang banyak diderita orang yang menganggapnya masuk angin. Dengan konsumsi makanan kaya magnesium, akan mengurangi gejala pusing yang parah.

Ada banyak pilihan makanan yang memiliki kandungan magnesium tinggi. Contohnya saja adalah berbagai sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, seafood, biji-bijian, sampai dengan protein nabati seperti tahu dan tempe.

Istirahat yang Cukup

Gaya hidup yang dilakukan setiap hari benar-benar memengaruhi kesehatan tubuh. Kurangnya jam tidur bisa membuat kepala pusing sampai mudah terserang berbagai gejala masuk angin. Karena hal tersebut, usahakan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Jika sekiranya malam sedang banyak sekali pekerjaan yang harus diselesaikan sampai begadang, usahakan untuk tidur siang.

Meski tidur siang hanya 15 menit saja, Anda bisa membuat tubuh dan organ-organnya beristirahat. Apalagi jika Anda bekerja di rumah, atau sedang melakukan WFH, lebih baik sempatkan tidur lebih lama.

Selain itu semua, jangan lupa untuk berolahraga supaya sistem kekebalan tubuh jadi terjaga. Nah, buat jaga-jaga selalu upayakan produk penangkal masuk angin dengan aman dan cepat seperti Tolak Angin. Stok kebutuhan di rumah, dan jangan lupa untuk membelinya di Blibli. Anda tidak memesan saja, obat herbal untuk masuk angin bisa di antar ke rumah. Pilihan rasanya beragam, cocok digunakan untuk anak-anak sampai orang tua.