Imam Utomo: PMI Harus Siapkan Manajemen Pengungsian Terkait Potensi Bencana di Pacitan

oleh -Dibaca 468 kali
Ketua PMI Jatim Imam Utomo.

Pacitanku.com, SURABAYA – Ketua Umum PMI, Imam Utomo menyinggung soal isu bencana alam di Pacitan sebagaimana dirilis BMKG beberapa waktu lalu.

Pihaknya meminta agar PMI terus mengantisipasi isu terjadinya bencana alam yang mengarah pada gelombang tsunami di pantai selatan yakni di kabupaten Pacitan. BMKG telah melakulan simulasi evakuasi terjadinya gelombang tsunami setinggi 28 meter.  

“Semoga saja bencana alam di Pantai Selatan tidak terjadi. Karena ini tergolong besar dan dampak yang ditimbulkan juga sangat besar,”kata Ketua PMI Jawa Timur, Imam Utomo, dikutip dari laman Kominfo Jatim, Sabtu (25/9/2021).

Meski demikian, kata Imam Utomo, PMI kabupaten Pacitan dan PMI terdekat harus disiapkan dengan baik mulai dari bagaimana jalur evakuasinya.

“Apakah satu arah atau dua arah maupun penanganan pengungsinya. PMI harus menyiapkan manajemen pengungsian,” tandas mantan Gubernur dua periode itu.

Di sisi yang lain, Imam Utomo mengingatkan agar keluarga besar PMI di Jawa Timur dan masyarakat untuk tidak lengah dengan Pandemi Covid-19.

Dia juga meminta masyarakat tetap mentaati anjuran pemerintah dengan 5 M. Di antaranya memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.