BKN Tunda Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021

oleh -Dibaca 392 kali
Suasana SKD CPNS Pacitan pada Kamis (15/11/2018). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru dan non-guru diundur. Rencana sebelumnya pendaftaran dibuka pada 31 Mei-21 Juni 2021, namun ditunda hingga ada informasi terbaru.

Diundurnya pendaftaran CPNS tahun ini disampaikan oleh akun Twitter resmi BKN di @BKNgoid jika jadwal rekrutmen akan ditentukan di kemudian hari.

BKN mengatakan pendaftaran seleksi belum dibuka karena pemerintah masih menyiapkan aturan terkait seleksi.

“Masih terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK nonguru dan PPPK guru tahun 2021 yang belum ditetapkan oleh pemerintah,” kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana melalui surat tertanggal 28 Mei, dikutip pada Senin (31/5/2021).

“Serta masih adanya usulan revisi penetapan kebutuhan (formasi) oleh beberapa instansi, maka jadwal pelaksanaan seleksi akan diinformasikan lebih lanjut,” imbuhnya.

Dalam surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Rekomendasi Birokrasi Nomor B/474/M.SM.01.00/2021, jadwal pelaksanaan seleksi CPNS dan PPPK akan diinformasikan lebih lanjut.

Pada poin delapan surat tersebut menjelaskan belum  terdapat beberapa peraturan pengadaan CPNS dan PPPK yang belum ditetapkan oleh pemerintah. Selain itu, juga masih ada usulan revisi penetapan kebutuhan oleh beberapa instansi.

Sebelumnya, BKN memastikan pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK belum dibuka pada 31 Mei 2021. Penjelasan itu disampaikan karena banyak kabar beredar bahwa pendaftaran seleksi sudah dibuka mulai Senin 31 Mei 2021.

Pemerintah sendiri menyiapkan kuota untuk menerima 105.777 dari 189.102 formasi ASN yang dibutuhkan. Dari jumlah tersebut, 84.282 formasi di antaranya untuk CPNS dan 84.282 untuk PPPK non guru.

Sementara seleksi PPPK guru berjalan di bawah kewenangan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pemerintah memberikan kuota penerimaan hingga 1 juta guru PPPK. Namun formasi yang diajukan baru mencapai setengah dari target.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.