MADF Pacitan Gelar Kegiatan Cek Kesehatan Gratis untuk Ratusan Jamaah Senior

oleh -Dibaca 196 kali
CEK KESEHATAN. Takmir MADF Pacitan menggelar kegiatan cek kesehatan gratis untuk jamaah lansia pada Ahad (9/5/2021). (Foto:IST)

Pacitanku.com, PACITANMasjid Agung Darul Falah (MADF) Kabupaten Pacitan menggelar kegiatan cek kesehatan gratis bagi jamaah senior atau lansia pada Ahad (9/5/2021) di pelataran MADF, Jalan Tuanku Imam Bonjol, Krajan, Pacitan.

Menurut keterangan ketua takmir MADF Pacitan Wasi Prayitno, kegiatan itu adalah bagian dari “Bina Lansia” yang merupakan 1 dari 5 program kemakmuran masjid.

Kegiatan cek kesehatan gratis tersebut, kata pria yang akrab disapa Wasi ini, diikuti oleh 150 jamaah MADF.

“Cek kesehatan bagi jamaah senior atau lanjut usia diikuti 50 orang pria dan 100 orang jamaah senior putri, kemudian yang dites adalah cek tensi atau tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat,”kata Wasi.

Selain cek kesehatan, dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan ceramah dan konsultasi kesehatan oleh pakar kesehatan di Kabupaten Pacitan.

“Kegiatan itu tadi juga diisi dengan ceramah kesehatan oleh dokter Bambang Ari Wibawa, kemudian juga konsultasi kesehatan oleh dr Hendra Purwaka,”ujar pria yang juga Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pacitan ini.

Lebih lanjut, Wasi mengatakan tujuan kegiatan cek kesehatan bagi jamaah senior ini adalah agar mengetahui lebih awal kondisi jamaah senior atau jamaah lansia.

“Agar mengetahui kondisi kesehatannya, sehingga apabila ada permasalahan kesehatan bisa diantisipasi lebih awal, yang tujuannya adalah agar jamaah-jamaah senior dari MADF selalu diberikan karunia kesehatan oleh Allah SWT, dengan ikhtiar-ikhtiar yang dilakukan,”jelasnya.

Selain itu, Wasi menuturkan, kegiatan ini juga menjadi bagian dari kemakmuran masjid yang sudah dilaunching oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji beberapa waktu yang lalu.

“Ini menjadi salah satu diantara 5 kegiatan yang sudah dilaunching oleh pak bupati yang mana dengan kegiatan ini nanti diharapkan dengan jamaah-jamaah yang sehat ini juga mendukung visi dari masjid yaitu memakmurkan masjid dan mendukung tercapainya masyarakat Pacitan yang sejahtera dan bahagia,”paparnya.

Sehingga, Wasi mengatakan secara rohani melaksanakan ritual ibadah. Hal itu karena kegiatan tersebut diawali dengan sholat subuh berjamaah, dan para jamaah tersebut juga rutin pengajian setiap pagi.

“Kemudian mereka dapat sejahtera karena badannya menjadi sehat, dan bila ada masalah kesehatan bisa diketahui lebih awal dan bisa ditindaklajuti untuk penanganannya dengan ke dokter-dokter masing-masing,”pungkasnya. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.