Sartono: Insyaallah Pembangunan Museum SBY dan Galeri Seni Ani Segera Selesai

oleh -Dibaca 202 kali
MUSEUM SBY. Anggota DPR RI Sartono saat mengunjungi museum SBY dan galeri seni Ani, baru-baru ini di Pacitan. (Foto: Screenshoot Instagram Sartono Hutomo)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Sartono Hutomo berkesempatan mengunjungi proyek pembangunan museum SBY dan galeri seni Ani saat berkunjung ke Pacitan baru-baru ini.

Saat berada di kompleks pembangunan museum yang terletak di kawasan Jalur Lintas Selatan (JLS) tersebut, Sartono mengatakan progress pembangunan museum yang dimulai pada Sabtu (22/2/2020) lalu tersebut segera selesai.

“Sekarang ini saya di museum Presiden RI ke-6 dan galeri Ani Yudhoyono, kita lihat sudah mau selesai secara fisik dan Insyaallah sebentar lagi akan finishing,”kata Sartono dalam video yang diunggah di akun instagramnya pada Jumat (30/4/2021).

Jika museum SBY dan galeri seni Ani tersebut selesai, Sartono berharap akan menjadi destinasi dan kunjungan pariwisata di Pacitan dan Jawa Timur. Tak hanya itu, menurut Sartono, museum kepresidenan itu juga menjadi kebanggaan secara nasional.

“Tentunya, kalau (museum SBY dan galeri seni Ani, red) ini selesai menjadikan suatu destinasi baru kunjungan pariwisata untuk Pacitan, Jatim dan juga menjadi kebanggaan secara nasional. Mohon doanya cepat selesai, terimakasih,”pungkas Sartono.

Dalam caption yang menyertai video tersebut, Sartono mengungkapkan pembangunan museum ini merupakan cara SBY untuk mewariskan nilai-nilai kepemimpinan dan pemikirannya kepada generasi muda penerus bangsa.

“Selain itu juga capaian kerja satu dekade pemerintahan (2004-2014) yang meliputi keberhasilan konsolidasi demokrasi, perdamaian Aceh, kenaikan signifikan ekonomi nasional, penurunan tajam tingkat kemiskinan, progam kesejahteraan sosial,”jelas Sartono.

Pembangunan museum itu, ujar Sartono, juga menjadi capaian pembangunan lain, seperti modernisasi alutsista, kenaikan signifikan PNS,TNI dan POLRI.

“Menguatnya kapasitas diplomasi global hingga netralitas ketegangan relasi RI-Timor Leste yang membebaskan Indonesia dari ancaman pengadilan HAM Internasional,”pungkas Sartono.

Musem SBY dan galeri seni Ani tersebut terdiri dari puluhan ruangan. Sebagian besar menampilkan pernak-pernik yang berkaitan dengan perjalanan SBY, seperti rangkaian cerita sejak SBY menghabiskan masa muda di Pacitan hingga menapaki karir di dunia militer.

Selain museum, juga ada Galeri Seni Ani yang akan menampilkan koleksi seni dan foto hasil jepretan Ibu Ani. Selain berupa foto lanskap, karya lain berupa foto humanistik juga akan dipajang menghiasi ruangan yang ada.

Baca juga: Cerita Annisa Tentang Wisma Drupadi yang akan Jadi Tempat Persinggahan SBY di Pacitan

Kompleks museum SBY ini sendiri sudah ditempati oleh Presiden ke-6 RI SBY saat mengunjungi Pacitan bulan Desember 2020 lalu. Kala itu, SBY menginap di wisma Drupadi yang berada di satu kompleks dengan museum SBY dan galeri seni Ani. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.