Tahapan Vaksinasi COVID-19 di Pacitan Telah Mencapai 87 Persen

oleh -Dibaca 328 kali
Ketua TP PKK Kabupaten Pacitn Luki Tri Baskorowati menjalani suntik vaksin, Kamis (11/2/2021). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan dr Trihariadi Hendra Purwaka mengatakan tahapan vaksinasi coronavirus disease 2019 (COVID-19) tahap pertama di Pacitan telah mendekati tuntas.

“Ini berdasarkan laporan, kemarin sudah 87 persen, hari ini semoga bisa mendekati 100 persen, ini yang khusus vaksinasi tahap pertama,”kata pria yang akrab disapa dr Hendra ini, Kamis (11/2/2021) usai vaksinasi kepada Bupati Pacitan Indartato di Pacitan.

Baca juga: Sempat Tertunda, Bupati dan Wabup Pacitan Akhirnya Jalani Suntik Vaksin COVID-19

Khusus untuk tenaga kesehatan (nakes), dr Hendra mengatakan daritotal 2360 nakes yang masuk ke dalam daftar penerima vaksin, 85,9 persen diantaranya sudah selesai divaksin.

“Yang sudah tervaksin 2027 total yang sudah divaksin dari 2360, hari ini dituntaskan,”tandasnya.

Dalam pencanangan vaksinasi tahap pertama, dr Hendra memastikan tidak ada keluhan atau gejala yang mengkhwatirkan dari para nakes dan tokoh yang disuntik vaksin.

“Alhamdulillah sampai sekarang yang sasaran nakes tidak ada gejala yang mengkhawatirkan, paling panas sedikit, dan paling banyak nafsu makannya meningkat, mohon doa restunya semoga tidak ada gejala, pengalaman nakes yang ada tidak ada keluhan yang signifikan, sehingga tidak ada yang perlu dikhwatirkan,”jelasnya.

Selain itu, dr Hendra mengungkapkan untuk sasaran tahap pertama khusus nakes, hampir 6 persen diantaranya tidak bisa divaksin.

“Jadi untuk sasaran vaksinasi tahap pertama, ada yang ditunda, ada yang nakes yang tidak bisa, misalnya penyintas, yang kedua nakes yang hamil, total hampir 6 persen yang tidak bisa divaksin,”jelasnya.

Pada Sabtu (14/2/2021) mendatang, dr Hendra mengatakan pemberian dosis vaksin kedua untuk vaksinasi tahap pertama akan dilakukan.

“Setelah itu kita memasuki vaksinasi tahap kedua,dimana target sasarannya sesuai pendataannya TNI-POLRI, beberapa yang pelayan publik, seperti Dinas Perhubungan, PDAM dan lembaga lain yang melayani kepentingan publik,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.