Bupati Pacitan Resmikan Proyek Air Bersih Hibah dari Jepang di Kebonagung

oleh -10104 views
Bupati Pacitan Indartato. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato meresmikan proyek rehabilitasi sarana air bersih yang terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Pacitan pada Kamis (11/2/2021) di Pacitan.

Untuk diketahui, proyek itu adalah program kerjasama dari Pemerintah Jepang dan Wahana Anak Bangsa Peduli Indonesia Maju (Wabpim).

Sebagai informasi, proyek rehabilitasi Sarana Air Bersih Desa Sidomulyo dimulai sejak Januari hingga Agustus 2020.

Sempat tertunda akibat sulitnya medan dan pandemi COVID-19, namun pengerjaan proyek ini bisa selesai sesuai rencana pembangunan.

Dengan panjang instalasi 9.286 meter dari titik sumber utama fasilitas ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air bersih 4.345 jiwa di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung.

Sementara, untuk pengelolaan sendiri diserahkan kepada kelompok masyarakat serta Himpunan Penduduk Pengelola Air Minum (Hippam).

“Artinya pemerintah Jepang, melalui Konsulat Jenderal (Konjen) Surabaya kerjasama dengan Wabpim kerjasama untuk menguraikan masalah rakayat, salah satu diantaranya adalah masalah air bersih,”kata Indartato sesaat usai vaksinasi COVID-19 di Pacitan.

Bantuan hibah senilai lebih dari Rp 1 miliar itu diserahkan langsung perwakilan pemerintah Negeri Sakura, Konjen Jepang di Surabaya Tani Masaki kepada Bupati Indartato melalui sarana virtual.

“Sehingga hari ini adalah peresmian rehabilitasi proyek yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun lalu khususnya di kebonagung desa diomulyo ini nanti akan diresmikan, hari ini diresmikan,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan