Sempat Tertunda, Bupati dan Wabup Pacitan Akhirnya Jalani Suntik Vaksin COVID-19

oleh -10183 views
DIVAKSIN. Bupati Pacitan Indartato saat menjalani vaksinasi COVID-19 pada Kamis (11/2/2021) di Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Sejumlah tokoh masyarakat dan pimpinan daerah di Kabupaten Pacitan akhirnya menjalani suntik vaksin coronavirus disease 2019 (COVID-19) pada Kamis (11/2/2021) di Pacitan.

Sejumlah tokoh itu diantaranya adalah Bupati Pacitan Indartato, Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo dan Ketua TP PKK Kabupaten Pacitan Luki Tri Baskorowati.

“Setelah dianggil petugas kemudian divaksin, untuk rasanya biasa-biasa saja, kami diminta sarapan dulu (sebelum vaksin), supaya kekuatannya lebih kuat,”kata Bupati Pacitan Indartato sesaat usai divaksin kepada awak media.

Secara khusus, Bupati Indartato juga akan mengupayakan terus tersosialisasikannya vaksinasi COVID-19 ini kepada masyarakat, khususnya bagi yang masih menganggap vaksin COVID-19 tidak perlu dilakukan.

“Ya artinya penyebaran informasi terus kita laksanakan, saya memohon kepada bapak ibu camat, bapak ibu Kades mohon bantuannya, saya contohnya sudah divaksin walaupun usianya sudah senior,”tukasnya.

Sementara, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Trihariadi Hendra Purwaka mengatakan alasan mengapa Bupati Pacitan pada akhirnya menjalani vaksin setelah sempat tertunda.

“Alhamdulillah ternyata perkembangan vaksin ternyata bisa diberikan lansia, kemarin setelah ada informasi dari Kemenkes, ini nakes lansia juga sudah kita laksanakan (vaksin), kemudian tokoh masyarakat, Pak Bupati, Pak Wabup, kemarin sempat tertunda belum tervaksin hari ini dilakukan vaksin,”jelasnya.

Lebih lanjut, Hendra mengatakan hingga Kamis (11/2/2021) siang, capaian vaksinasi tahap pertama di Pacitan sudah mencapai 87 persen.

“Ini laporan sudah mencapai 87 persen hari ini semoga bisa mendekati 100 persen. Itu khusus tahap pertama,”jelasnya.

Khusus untuk tenaga kesehatan, Hendra mengatakan jumlah yang sudah menjalani vaksinasi sebanyak 85,9 persen.

“85,9 persen dari 2360 nakes sasaran, yang sudah tervaksin 2027 total yang sudah divaksin dari 2360, hari ini dituntaskan,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan