Sah! Ronny Wahyono Orang Pertama di Pacitan yang Disuntik Vaksin COVID-19

oleh -10198 views
RONNY WAHYONO DIVAKSIN. Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono saat mendapatkan suntik vaksin COVID-19 di Pacitan. (Foto: Sulthan Salahuddin)

Pacitanku.com, PACITAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pacitan Ronny Wahyono menjadi orang pertama di Kabupaten Pacitan yang mendapatkan suntik vaksin COVID-19.

Suntikan pertama vaksin COVID-19 tersebut dilaksanakan pada Sabtu (30/1/2021) di Puskesmas Pacitan di Desa Mentoro, Kecamatan Pacitan.

“Tadi dilakukan screening dulu dan lulus, tadi awalnya deg-degan, tapi insyaallah tidak terasa sakit, tidak merasa panas, tiba-tiba kok sudah selesa, lho kok sudah,”kata Ronny Wahyono saat dikonfirmasi awak media usai divaksin, Sabtu pagi.

Usai divaksin, Ronny juga menyampaikan vaksin jenis sinovac ini sudah teruji aman dan halal.

“Untuk masyarakat Pacitan, insyaallah vaksin ini aman dan halal, mari tidak usah takut untuk divaksin,”ujar politisi Partai Demokrat ini.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan dr Trihariadi Hendra Purwaka mengatakan sasaran tahapan pertama vaksinasi di Pacitan yang mulai dicanangkan pada Sabtu ini adalah 1.200 orang.

Usai dicanangkan di Puskesmas Pacitan, Hendra mengatakan vaksinasi akan dilanjutkan mulai Ahad (31/1/2021) besok di 17 Puskesmas di Pacitan.

“Hari ini sekarang, teman-teman puskesmas baru mengambil vaksin hari ini untukpelaksnaannya mulai besok 17 puskesmas se pacitan,”tandasnya.

Hendra mengakui, jumlah sasaran tahapan pertama, khusus tenaga Kesehatan yang mendapatkan suntik vaksin masih kurang. Sebab menurut dia, target untuk nakes sekitar 2000.

“Targetnya 24 puskesmas, jumlahnya vaksin tahap pertama ini 1.200 sasaran untuk yang pertama ini padahal nakesnya ada 2000 sekian, 17 puskesmas, kalau sudah datang lagi nanti 24 puskesmas dan rumah sakit,”ujarnya.

Dalam kesempatan pencanangan vaksinasi tersebut, salah satu petugas dari Dinas Kesehatan mengatakan Bupati Pacitan Indartato belum divaksin karenaketerbatasan vaksin yang usiamaksimal diberikan 59 tahun. Sedangkan Bupati Pacitan Indartato saat ini berusia 68 tahun.

“Beliau belum divaksin karena memang keterbatasan dari vaksin tidak bisa diberikan diatas 59 tahun,”ucap petugas vaksin dr Dery.

Selain Ronny Wahyono, penyuntikan vaksin COVID-19 di Pacitan yang kedua dan ketiga diberikan masing-masing kepada Komandan Kodim (Dandim) 0801/Pacitan Letkol Kav Ibnu Kazim dan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan