Angka Harian Penularan Corona di Pacitan Kembali Naik, Gugus Tugas: Ada Korelasi dengan Liburan Panjang

oleh -Dibaca 345 kali
Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Dwi Purnawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Juru bicara tim komunikasi publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Rachmad Dwiyanto mengabarkan Kembali terjadi kenaikan angka penularan Covid-19 di Pacitan pada Kamis (7/1/2021).

“Pada hari Kamis 7 Januari 2021, kami dari satgas penanganan Covid-19 Pacitan mohon maaf yang sebesar besarnya, karena terjadi penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang cukup signifikan. Kemarin (Rabu, red) baru turun, maka Kamis ini penambahan (positif) sebanyak 33 orang,”kata Rachmad dalam keterangannya kepada awak media, Kamis (7/1/2021) malam.

Lebih lanjut, Rachmad mengatakankeprihatinan yang mendalam atas Kembali naiknya angka penularan Covid-19 di Pacitan.

“Kami menyatakan keprihatinan yang mendalam. Ternyata kasus Covid-19 masih mengancam kita semuanya,”tandas pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Penularan itu, imbuh Rachmad, dengan rincian jenis kelamin perempuan 23 orang, laki-laki sebanyak 10 orang.

“Asal penderita dari Kecamatan Pacitan 15, Nawangan 1, Arjosari 4, Ngadirojo 10, Kebonagung 1, Tegalombo 1 dan Tulakan 1 orang. Sedangkan asal penularan suspek 8, kontak erat 19 dan masih tracing 6 orang,”jelas Rachmad.

Dengan adanya penambahan itu, Rachmad menyebut ada korelasi dengan liburan Panjang dan kenaikan angka penularan Covid-19 yang cenderung naik ini. Namun demikian, Rachmad juga menyebut ada kesembuhan pasien yang bertambah 31 orang.

“Ini menunjukkan adanya korelasi liburan panjang dengan penambahan yang signifikan ini,”tegasnya.

Rachmad menyebut, total angka kasus positif Covid-19 di Pacitan sejak kasus pertama berjumlah 873 orang, total angka kesembuhan menjadi 711 orang, pasien aktif dipantau 138 dengan rincian 122 pasien dirawat di wisma atlet dan 16 dirawat di Rumah Sakit (RS). Kemudian catatan GTPP juga menyebutkan total angka kematian Covid-19 sebanyak 24 orang.

“Dengan keadaan tersebut maka kita harus disiplin menjalankan protokol kesehatan khususnya 3 M dan selalu menjauhi kerumunan dan mengikuti apa yang menjadi kebijakan satgas penangan covid 19 dalam rangka mengurangi penularan dan penyebaran Covid-19,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.