Update Corona Pacitan: Kasus Konfirmasi Positif Bertambah 5

oleh -13223 views
Jubir tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto saat konferensi pers, Kamis (9/7/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan merilis adanya penambahan jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 pada Kamis (22/10/2020) malam.

Juru bicara tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, saat dikonfirmasi Kamis malam mengatakan ada penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 5 kasus, setelah pada Kamis siang ada penambahan 5 kasus positif.

“Pada hari Kamis 22 Oktober 2020 petang telah terjadi lagi penambahan penderita COVID-19 positif sebanyak 5 orang. Sehingga penambahan kasus terkonfirmasi sepanjang hari Kamis ini bertambah 10 orang,”ujar Rachmad, Kamis malam.

Rachmad merinci penambahan 5 pasien terbaru itu dengan rincian yang pertama adalah seorang perempuan berusia 18 tahun dengan domisili di Kecamatan Pringkuku. “Yang bersangkutan riwayat penularannya masih dalam tracing,”ujarnya.

Kemudian pasien positif kedua, kata Rachmad, adalah seorang laki-laki berusia 34 tahun dengan asal dari Kecamatan Pacitan.

“Riwayat ada penularan dari perkantoran,”tandas pria yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pacitan ini.

Pasien positif ke-3, imbuh Rachmad, adalah seorang perempuan dengan KTP dari Wonogiri dan berdomisili di Kecamatan Pacitan. “Yang bersangkutan memiliki riwayat kontak erat dengan pasien COVID-19 terdahulu,”ujarnya.

Selanjutnya, kata Rachmad, untuk pasien ke-4 adalah seorang laki-laki berusia 20 tahun dari Kecamatan Pacitan. Dimana yang bersangkutan memiliki kontak erat dengan pasien COVID-19.

“Yang ke-5, laki-laki 34 tahun dari Kecamatan Pacitan, dengan riwayat merupakan kontak erat dengan pasen COVID-19 terdahulu,”jelasnya.

Sehingga, data yang dihimpun, jumlah akumulatif pasien COVID-19 di Pacitan per Kamis (22/10/2020) malam menjadi 202 kasus, dengan rincian total kesembuhan 159 pasien, total pasien dirawat 37 pasien dan jumlah pasien meninggal dunia 6 orang.

Atas penambahan pasien itu, Rachmad menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat.

“Mewakili gugus kami menyatakan permohonan maaf yang kesekian kalinya atas penambahan kasus konfirmasi ini,”ujar dia.

Rachmad juga turut menekankan pentingnya menerapkan protokol kesehatan serta menerapkan 3 M.

“Tetap kita harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Utamanya 3 M yaitu memakai masker, rajin cuci tangan pakai sabun, selalu jaga jarak. Hindari kerumunan,”pungkasnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Waspada, Muncul Klaster Perkantoran Penularan Corona di Pacitan