Pacitan Kembali Menjadi Zona Orange, Berdampak ke KBM Tatap Muka

oleh -13294 views
Jubir tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto saat konferensi pers, Selasa (7/7/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Status zona penanganan kasus COVID-19 di Pacitan, kembali bergerak menjadi orange. Hal itu menyusul penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19, yang dalam dua pekan terakhir ini beranjak sebanyak 12 orang.

Juru bicara tim komunikasi publik gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto mengatakan, zona Pacitan telah bergeser kembali menjadi zona orange.

 Hal ini tentunya menjadi pertimbangan GTPP, utamanya di dunia pendidikan menengah, yang telah dibuka KBM tatap muka per 18 Agustus kemarin di sejumlah sekolah menengah di Pacitan.

“Dengan bergesernya  zona COVID-19 Pacitan, tentunya berdampak pada kegiatan tersebut dimana sesuai dengan SE Gubernur Jatim, bahwa zona orange hanya boleh dilakukan KBM tatap muka dengan jumlah siswa maksimal 25 persen, dari kapasitas kelas,” katanya, Kamis (20/8/2020).

Karena itu, GTPP Pemkab Pacitan,  tetap mengimbau kepada masyarakat agar disiplin menjalankan protokol kesehatan. Dan akan dilakukan pengenaan sanksi bagi yang melanggar sesuai dengan tindak lanjut dari Inpres No 6 tahun 2020.

“Masyarakat jangan lengah, selalu kedepankan protokol kesehatan. Utamanya dalam memakai masker saat keluar dari rumah,” pesan Rachmad.

Data yang diperoleh dari jubir GTPP Pemkab Pacitan hingga Kamis  (20/8/2020), total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Pacitan sejak kasus pertama ada 74, sedang yag sembuh adalah 60 orang, dan pasien dirawat 12 orang serta meninggal 2 orang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan