Daftar Tunggu Swab Corona Menumpuk, GTPP Pacitan Akui Masih Khawatir

oleh -13128 views
Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Dwi Purnawan)

Pacitanku.com, PACITAN –  Kasus penambahan pasien coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan, masih sulit dibendung. Sampai detik ini, jumlah masyarakat terpapar virus SARS-CoV-2 tersebut sudah tembus 49 orang, sekalipun angka kesembuhan juga sudah menyentuh 25 pasien.

Juru bicara tim komunikasi publik gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, mengatakan, saat ini GTPP memang masih khawatir sekali. Mengingat daftar tunggu swab masih sangat menumpuk. Diperkirakan, jumlah pasien terpapar virus corona masih akan terus bertambah di Pacitan.

“Yang masuk daftar tunggu masih cukup banyak. Sebab saat ini kita masih ngantri untuk mendapatkan hasil atas sampel jaringan mukosa yang diuji swab di Surabaya,” kata Rachmad, Selasa (21/7/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pacitan ini menjelaskan, kemungkinan ledakan jumlah kasus COVID-19 di Pacitan, berasal dari kawasan Timur kota Pacitan.

Sebab saat ini yang dari satu klaster masih ada sekitar 20 orang tanpa gejala (OTG) yang masih menunggu hasil swab.

“Yang sembilan orang melakukan swab mandiri ke Jogjakarta. Hasilnya masih menunggu,” jelasnya.

Untuk itu, sebagai elemen GTPP ia selalu mengajak masyarakat, agar lebih disiplin lagi dalam menerapkan porotokoler kesehatan. Mengingat, coronavirus masih mengintai.

Apalagi badan kesehatan dunia (WHO), menyampaikan rilis, bahwa virus SARS-CoV-2 bisa menular melalui aerosol, atau partikel-partikel kecil di udara.

“Bermasker adalah salah satu cara untuk meminimalisir penularan. Karena itu jangan sampai lengah, selalu waspada. Dan yang tak kalah pentingnya, kedepankan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) di air mengalir,” pesannya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan