Tambah 4, Total Pasien Positif Corona di Pacitan Sentuh Angka 39

oleh -13486 views
TAMBAH LAGI. Bupati Indartato saat menyampaikan rilis pers penambahan pasien positif COVID-19 Jumat (10/7/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Satuan gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pacitan mengumumkan tambahan empat kasus baru positif COVID-19 di Pacitan. Dengan pertambahan empat pasien positif COVID-19 yang baru tersebut, total pasien positif COVID-19 di Pacitan menjadi 39.

Pengumuman pasien positif COVID-19 nomor 36 hingga 39 ini disampaikan oleh Bupati Pacitan Indartato  dalam jumpa pers pada Jumat (10/7/2020) malam di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 8, Pacitan.

Empat pasien positif COVID-19 tersebut, kata Indartato, merupakan hasil swab pada Senin (6/7/2020) lalu, dimana total yang keluar dari swab tersebut sebanyak 65 sampel swab.

“Yang keluar hasilnya 65, dari 65 ini yang positif ada 4, negatifnya 61, yang swab tunggu belum keluar 17,”kata Indartato.

Sementara, untuk hasil swab pada Rabu (8/7/2020) lalu, Indartato mengatakan totalnya 67, dimana empat yang keluar semuanya negatif.

“Sehingga yang swab tunggu masih 64, sehingga totalnya saat ini yang belum keluar hasilnya yaitu 81, mudah-mudahan 81 ini semuanya negatif,”ujar Indartato.

Penambahan empat pasien positif COVID-19 yang baru tersebut, kata Indartato, berasal dari klaster impor dan klaster lokal.

“Dari 4 yang keluar hari ini, totalnya 39, kemarin 35 sekarang tambah empat menjadi 39, yang pertama dari kecamatan Ngadirojo, klaster impor dari Surabaya, artinya pulang ke Ngadirojo, 1 satu orang dari Sudimoro, dan 2 dari kecamatan Pacitan dari klaster lokal,”jelasnya.

Selain itu, Indartato mengatakan dari 39 pasien positif COVID-19 tersebut, yang sembuh 13, yang meninggal 1, sehingga yang dirawat masih 25. “Dari 25 ini dirumah sakit dr Darsono ada 4, yang satunya di Ponorogo, lalu di wisma atlet ada 20,”tandasnya.

Atas masih bertambahnya pasien positif COVID-19 tersebut, Indartato kembali mengajak masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan

“Inilah kenyataan yang ada, oleh karena itu sekali lagi, setiap saya bicara, mari rotokol kesehatan benar-benar kita patuhi sehingga penuluran COVID-19 ini tidak menyebar kemana-mana,”jelas dia.

Gugus tugas, kata Indartato, tetap melaksanakan tiga hal sebagaimana yang dikatakan Kapolres dan Gubernur, yaitu tracing, testing dan treatment.

“Tracing ini tetap dilakukan yang kemarin pada malam minggu yang lalu kita rapatkan sudah jelas tracingnya, sehingga yang kedua testing sebagaimana hasilnya kami sampaikan, dan yang ketiga treatment yang dilaksanakan dinas kesehatan dan rumah sakit, mudah-mudahan dari 81 swab yang masa tunggu ini tidak muncul yang positif, tapi semuanya negatif,”pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Indartato dalam konferensi pers tersebut Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, Sekretaris Daerah Heru Wiwoho Supardi Putra, Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi, juru bicara tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Rachmad Dwiyanto dan Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Video Pasien Corona Masih Bertambah, ini Pesan Bupati untuk Warga Pacitan