GTPP Pacitan Siapkan Tempat Karantina Alternatif Antisipasi Wisma Atlet Penuh

oleh -13221 views
TAMBAH LAGI. Bupati Indartato saat menyampaikan rilis pers penambahan pasien positif COVID-19 Jumat (10/7/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Dengan bertambahnya jumlah pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) membuat pemerintah bersama gugus tugas bersikap cepat dan tanggap. Salah satunya mempersiapkan tempat alternatif jika wisma atlet di Pacitan sudah penuh.

“Mudah-mudahan di wisma atlet tidak penuh, kalau penuh tentu disiapkan tempat baru, kantor diklat bisa, kemudian rumah dokter dan sebagainya itu sebagai alternatif,”kata komandan gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) COVID-19 Pacitan saat berbincang pada Jumat (10/7/2020) malam di Pendopo Kabupaten Pacitan.

Baca juga: Tambah 4, Total Pasien Positif Corona di Pacitan Sentuh Angka 39

Untuk mempersiapkan hal itu, pria yang juga Bupati Pacitan ini akan membicarakan dengan para camat di Pacitan.

“Malam ini akan kita bicarakan dengan seluruh camat terkait hal tersebut, termasuk penggunaan stadion,”katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, GTPP COVID-19 Pacitan mengumumkan tambahan empat kasus baru positif COVID-19 di Pacitan. Dengan pertambahan empat pasien positif COVID-19 yang baru tersebut, total pasien positif COVID-19 di Pacitan menjadi 39.

Penambahan empat pasien positif COVID-19 yang baru tersebut, kata Indartato, berasal dari klaster impor dan klaster lokal. Dengan rincian 1 pasien berasal dari Desa Wonoasri Kecamatan Ngadirojo, kemudian Desa Sumberejo Kecamatan Sudimoro, kemudian Kelurahan Ploso dan Desa Sumberharjo Kecamatan Pacitan.

Dari 39 pasien positif COVID-19 tersebut, pasien positif yang sembuh 13, yang meninggal 1, sehingga yang dirawat masih 25.

Atas masih bertambahnya pasien positif COVID-19 tersebut, Indartato kembali mengajak masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Inilah kenyataan yang ada, oleh karena itu sekali lagi, setiap saya bicara, mari rotokol kesehatan benar-benar kita patuhi sehingga penuluran COVID-19 ini tidak menyebar kemana-mana,”jelas dia.

Dengan penambahan tersebut, data yang diperoleh Pacitanku.com hingga Jumat (10/7/2020) malam WIB, gugus tugas sudah memantau sebanyak 25.072 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR), 672 orang dalam pemantauan (ODP), 24 pasien dalam pengawasan (PDP), 749 orang tanpa gejala (OTG) dan 39 positif COVID-19.

Dari 39 pasien positif COVID-19 tersebut, 13 diantaranya sudah selesai pemantauan alias sudah sembuh, sementara 25 masih dalam perawatan dan 1 pasien meninggal dunia.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan