GTPP Corona Pacitan akan Terus Berupaya Disiplinkan Masyarakat Jalankan Protokol Kesehatan

oleh -13160 views
Jubir tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto saat konferensi pers, Selasa (7/7/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemerintah Kabupaten Pacitan akan terus berupaya semaksimal mungkin melakukan langkah pendisiplinan masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

“Satgas sudah berupaya seoptimal mungkin, tegas yang kita lakukan bukan tegas seperti PSBB, kita belum masuk pada kriteria PSBB dengan perkembangan kita termasuk 10 besar daerah yang tingkat daerah terjangkit COVID-19 confirm-nya dibawah 50,”kata juru bicara tim komunikasi public GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, Selasa (7/7/2020) di Pacitan.

Lebih lanjut, Rachmad mengaku jajaran GTPP sudah melakukan langkah antisipasi guna melakukan upaya mendisiplinkan masyarakat menjalankan protokol kesehatan.

“Yang pertama langkah kita antisipasi, nah dalam antisipasi ini didalamnya ada langkah, yakni langkah gugus untuk lebih meningkatkan disiplin masyarakat, contoh, harus bermasker, ada kawasan harus bermasker,”imbuh pria yang akrab disapa Rachmad ini.

Selain itu, Rachmad mengatakan sebagai langkah konkrit mendisiplinkan masyarakat, GTPP COVID-19 menerjunkan tim guna melakukan penertiban masyarakat.

“Ada tim yang turun, gugus tugas seperti kemarin, sehingga ketika kalau ada masyarakat yang lalu lalang, ketilang umpamanya seperti itu, suruh pulang, atau masuk ke pasar tidak pakai protokol kesehatan, suruh pulang, atau dihukum yang sifatnya mendidik, kegiatan sosial, nyapu lingkungan pasar, atau apapun itu,”jelasnya.

Untuk itu, GTPP, kata Rachmad, sedang menyiapkan surat edaran (SE) Bupati agar pelaksanaan penertiban protokol kesehatan masyarakat di Pacitan bisa segera dijalankan.

“Kemarin baru kita operasi simpatik, saat ini SE sedang digodok, nanti kalau SE turun itu yang akan dijalankan,”pungkasnya.

Pewarta: Sulthan Salahuddin
Editor: Dwi Purnawan

Video Masyarakat Pacitan Ketahuan tak Pakai Masker, Siap-siap Kena Sanksi