Bantu Cegah Corona, Mahasiswa UNS Bagikan Masker Kain Hingga Edukasi Masyarakat di Youtube

oleh -13590 views
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Kevin Adhelacahya membagikan masker dan sabun cuci. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Kevin Adhelacahya membagikan masker dan sabun cuci tangan kepada warga RT 02 RW 03, Dusun Bowongan, Desa Arjowinangun, Kecamatan Pacitan.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertema “Relawan UNS Tanggap Wabah COVID-19.”

KKN dilaksanakan secara individu di tempat tinggal masing-masing, mengingat merebaknya virus Corona belakangan ini. Pelaksanaan KKN dimulai sejak awal Mei hingga pertengahan Juni 2020 ini.

“Tema yang saya ambil adalah supporting pemahaman masyarakat terhadap COVID-19. Tema itu saya ambil karena di lingkungan saya masih banyak warga yang kurang paham dengan bahaya COVID-19 dan bagaimana cara menyikapinya,”tutur Kevin, dalam siaran pers yang diterima Pacitanku.com, Jumat (19/6/2020).

Program kerja pembagian masker dan sabun cuci tangan dilaksanakan secara door to door dengan membagikan masker kain dan sabun cuci tangan sebanyak 50 biji yang disebarkan secara merata dengan tetap menerapkan SOP pencegahan penularan COVID-19.

Program kerja pembagian masker dan sabun cuci tangan berjalan dengan lancar dan mendapatkan apresiasi yang baik dari warga. Warga merasa terbantu atas terselenggara program kerja ini dan semua warga dapat melaksanakan pola hidup bersih dan sehat.

“Saya selaku ketua RT 02/RW 03 merasa terbantu dengan adanya KKN Relawan COVID-19 di lingkungan kami, karena dengan adanya KKN ini warga kami menjadi sadar dan menerapkan pola Hidup Bersih dan Sehat guna menghindari virus COVID-19,”jelas Ketua RT 02/RW 03 Dusun Bowongan Desa Arjowinangun Kabupaten Pacitan Suharnowo.

Kevin sendiri juga berinisiatif membagikan edukasi mengenai COVID-19 dalam jaringan (daring) melalui akun Instagram dan youtube pribadinya.

Tak hanya itu, Kevin menyebut program kerjanya terdiri atas beberapa kegiatan, antara lain penyebaran poster cara mencuci tangan dengan sabun, pelatihan cara pembuatan masker kain dan pembuatan sabun cuci tangan secara mandiri hingga pemasangan spanduk pencegahan Covid-19.

“Saya berharap, dengan adanya KKN COVID-19 ini warga mampu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga terhindar dari virus COVID-19,”pungkasnya.

Editor: Dwi Purnawan