Satu Pasien Positif Corona di Pacitan Belum Diketahui Asal Transmisinya

oleh -13322 views
Rachmad Dwiyanto saat konpers pasien positif Corona, Jumat (12/6/2020) di Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto, tegaskan satu pasien positif COVID-19 yang baru saja diumumkan Wabup Yudi Sumbogo, merupakan klaster asal Jakarta.

Sebelumnya, pasien tersebut tercatat sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) dari Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung, yang menjalani rawat inap di RSUD dr Darsono Pacitan.

“Tiga hari lalu masuk rumah sakit. Setelah di swab, hasilnya positif,” jelas Rachmad, disela-sela kegiatan jumpa pers di aula Pendopo Pemkab Pacitan, Jumat (12/6/2020).

Baca juga: 1 PDP Naik Status, Total Pasien Positif Corona di Pacitan 17

Gugus tugas, lanjut dia, belum bisa mengetahui asal transmisi. Sebab yang bersangkutan, memang pernah merantau ke Jakarta.

“Datang ke Pacitan sudah sakit. Begitu diswab ternyata hasilnya positif,” tutur pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini.

Dia menegaskan, pasien memang berisiko tinggi, mengigat usianya sudah diatas 60 tahun. “Jenis kelamin laki-laki dan sudah berusia lanjut,” tandasnya.

Data yang diperoleh Pacitanku.com hingga Jumat (12/6/2020) malam WIB, gugus tugas sudah memantau sebanyak 23.374 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR), 628 orang dalam pemantauan (ODP), 17 pasien dalam pengawasan (PDP), 568  orang tanpa gejala (OTG) dan 17 positif COVID-19. Dari 17 pasien positif COVID-19 tersebut, 5 diantaranya sudah selesai pemantauan alias sudah sembuh, sementara 12 masih dalam perawatan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Konpers Penambahan 1 pasien positif Corona, Jumat (12/6/2020)