1 PDP Naik Status, Total Pasien Positif Corona di Pacitan 17

oleh -13617 views
KONPERS. Yudi Sumbogo saat konferensi pers pasien positif COVID-19 di Pacitan, Jumat (12/6/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Setelah muncul transimisi asrama haji Sukolilo Surabaya dan Pondok Pesantren Al-Fatah Desa Temboro, kini klaster baru yang belum diketahui asal-usulnya, kembali muncul di Pacitan.

Kali ini satu warga yang sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) akhirnya dinyatakan positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) hasil uji swab. Hanya saja, gugus tugas belum bisa menyampaikan asal-usul transmisi sebaran.

“Telah keluar hasil pemeriksaan 21 spesiman swab pada tanggal 8 Juni 2020, hasilnya, 20 negatif, 1 orang positif, sehingga di kabupaten pacitan bertambah 1 orang positif, sehingga total adalah 17, sembuh 5 orang, jadi yang sekarang confirm positif ada 12 orang,”kata Wabup Pacitan Yudi Sumbogo saat menggelar jumpa pers di aula pendopo Pemkab Pacitan, Jumat (12/6/2020).

Satu pasien COVID-19 confirm tersebut merupakan PDP asal Desa Purwoasri, Kecamatan Kebonagung, yang saat ini masih menjalani perawatan di rumah sakit.

“Satu pasien COVID-19 confirm tersebut, merupakan PDP asal Kecamatan Kebonagung,” tegas Wabup.

Selain satu pasien asal Kebonagung tersebut, diperoleh informasi juga adanya satu pasien positif COVID-19 yang saat ini menjalani perawatan di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Surabaya.

Hanya saja pasien yang merupakan warga Kecamatan Bandar itu, masuk dalam pencatatan pasien positif COVID-19 di Kota Surabaya.

Sebagai gugus tugas, Yudi menegaskan pihaknya selalu berupaya melakukan pencegahan. Meski sampai saat ini, masih ada penambahan pasien positif COVID-19.

Data yang diperoleh Pacitanku.com hingga Jumat (12/6/2020) malam WIB, gugus tugas sudah memantau sebanyak 23.374 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR), 628 orang dalam pemantauan (ODP), 17 pasien dalam pengawasan (PDP), 568  orang tanpa gejala (OTG) dan 17 positif COVID-19. Dari 17 pasien positif COVID-19 tersebut, 5 diantaranya sudah selesai pemantauan alias sudah sembuh, sementara 12 masih dalam perawatan.

Turut hadir dalam konferensi pers tersebut Bupati Pacitan Indartato, Sekretaris Daerah Heru Wiwoho SP, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Didik Alih Wibowo, juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Rachmad Dwiyanto, Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Tomi Fedy Anugrahan, Wakapolres Kompol Hendri dan Plt Kepala Dinkes Trihariadi Hendra Purwaka.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Konpers Penambahan 1 pasien positif Corona, Jumat (12/6/2020)