Kapolres Pacitan: Kampung Tangguh Semeru Bagian dari Upaya Cegah Penyebaran Corona

oleh -13386 views
KAMPUNG TANGGUH. Kapolres Pacitan bersama Bupati saat meresmikan kampung tangguh Desa Sumberharjo, Kamis (28/5/2020). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITANKepala Kepolisian Resor (Kapolres) Pacitan AKBP Didik Hariyanto menjelaskan adanya kampung tangguh Semeru yang merupakan akronim dari sehat, aman, tertib dan rukun merupakan bagian dari upaya pencegahan penyebaran wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19).

“Kampung tangguh semeru, untuk pilot project pertama di Malang Raya, untuk di Pacitan ada dua kampung tangguh semeru untuk hari ini bertambah menjadi dua setelah sebelumnya Desa Kembang dan hari ini Desa Sumberharjo,”kata Didik, di sela peresmian kampung tangguh semeru di Desa Sumberharjo, Pacitan pada Kamis (28/5/2020).

Baca juga: Begini Cara Desa Sumberharjo Bikin Kampung Tangguh Cegah Corona

Didik berharap, adanya kampung tangguh ini bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Harapannya nanti yang positif menjadi tidak ada. Seperti di Sumberharjo dulu ada 1 PDP sekarang alhamdulillah nol,”ujarnya.

Lebih lanjut, Didik mengatakan kampung tangguh semeru ini diharapkan bisa mempertahankan agar masyarakat setempat tetap sehat.

“Dan nanti dapat mempertahankan kampungnya masyarakatnya tetap sehat. Adanya skrining, penerapan protokol kesehatan, dan pendataan masyarakat pendatang dapat terdetrksi dengan cepat dan tepat. Pemilihan lokasi berdasarkan ketangguhan desa selama kurang lebih 2 bulan non stop,”jelasnya.

Baca juga: Resmikan Kampung Tangguh Semeru, Bupati Pacitan Berharap Pandemi Corona Segera Usai

Di kampung tangguh tersebut, Didik menjelaskan terdapat posko,  dapur umum, lumbung pangan, ruang isolasi, kamar mandi umum, bahkan sampai pemakaman standar COVID-19.

“Ini tentu menjadi sebuah kelengkapan yang terstruktur bagi sebuah desa. Nanti kita akan prioritaskan di desa dengan ekskalasi zona merah wabah COVID-19, tentunya semua harus kerja bersama-sama. Sehingga wabah COVID-19 di kabupaten Pacitan segera berakhir,”pungkasnya.

Kampung atau desa tangguh Semeru ini merupakan inovasi Kapolda Jatim Irjen DR M Fadil Imran MSi yang berbasis pada problem solving (pemecahan masalah dengan solusi) atau problem oriented policing (POP).

Prinsip POP adalah sebuah strategi kolaboratif antara polisi dan masyarakat yang berfokus pada pemecahan permasalahan, malalui upaya identifikasi, analisis, penentuan aplikasi pemecahan masalah dan evaluasi.

Tujuan dari desa tangguh semeru ini adalah supaya masyarakat mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya.

Dalam peresmian kampung tangguh Desa Sumberharjo tersebut, dihadiri oleh Bupati Pacitan Indartato, Sekda Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra, Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka.

Kemudian hadir juga Asisten 1 Pemda Mahmud, Camat Pacitan Djoko Putro Utomo dan segenap jajaran gugus tugas penanganan percepatan COVID-19 Kabupaten Pacitan.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Kampung Tangguh Desa Sumberharjo Pacitan