Begini Cara Desa Sumberharjo Bikin Kampung Tangguh Cegah Corona

oleh -559 views
Kades Hariadi saat berbincang dengan awak media, Kamis (28/5/2020). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Desa Sumberharjo, Kecamatan Pacitan resmi menjadi Desa Tangguh Semeru (Sehat, Aman, Tertib dan Rukun) sebagai bagian dari percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan.

Desa Sumberharjo menjadi desa kedua setelah Desa Kembang yang diluncurkan menjadi desa tangguh pencegahan COVID-19.

Baca juga: Resmikan Kampung Tangguh Semeru, Bupati Pacitan Berharap Pandemi Corona Segera Usai

Kepala Desa Sumberharjo Hariadi menceritakan saat desanya mempersiapkan untuk menjadi desa tangguh COVID-19.

“Sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat diteruskan oleh pemerintah daerah, kami di lingkungan desa mendirikan posko dengan jumlah 35 personel dan posnya ada 3,”kata Hariadi kepada Pacitanku.com, Kamis (28/5/2020).

Selain itu, Hariadi mengatakan jajaran Pemdes merekrut dan menyediakan pengganti uang bensin bagi para personil tersebut. Hal itu dikarenakan mayoritas mereka adalah pekerja terdampak wabah COVID-19 dan sudah berjalan sekitar 2 bulan.

“Kami pemdes juga telah membagikan masker dan sabun cuci kepada seluruh masyarakat, kecuali PNS dan Pengusaha, himbauan physical distancing juga telah kami lakukan,”tandasnya.

Dari kondisi kesehatan warga, Hariadi menceritakan di desanya dulu ada warganya yang menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19.

”Alhamdulillah desa Sumberharjo jika dulu ada 1 PDP alhamdulillah hari ini telah sembuh,”tandasnya.

Tak hanya itu, Hariadi menceritakan pihaknya menyediakan fasilitas bagi pendatang. Diantaranya, kata dia, cek suhu dan imbauan mandi di sekitar kantor desa di tempat yang sudah disediakan.

“Itu apabila sudah sehat tinggal isolasi mandiri. Namun jika ada pendatang yang suhunya diatas 38 maka kami segera berkomunikasi dengan dinas kesehatan atau terkait,”ujarnya.

Dia berharap, peluncuran desa tangguh di Sumberharjo itu memotivasi desa lain di Pacitan untuk mencanangkan program terpadu pencegahan COVID-19.

“Semoga menjadi motivasi desa-desa lain di Pacitan harapan kami kampung siaga semeru program kapolda semoga dapat diimplementasikan di desa-desa lainnya, KRPL yang ditanam masyarakat di masa Covid-19 ini masyarakat dapat mengambil di tempatnya sendiri-sendiri,”pungkasnya.

Kampung atau desa tangguh Semeru ini merupakan inovasi Kapolda Jatim Irjen DR M Fadil Imran MSi yang berbasis pada problem solving (pemecahan masalah dengan solusi) atau POP (Problem Oriented Policing).

Prinsip POP adalah sebuah strategi kolaboratif antara polisi dan masyarakat yang berfokus pada pemecahan permasalahan, malalui upaya identifikasi, analisis, penentuan aplikasi pemecahan masalah dan evaluasi.

Tujuan dari desa tangguh semeru ini adalah supaya masyarakat mempunyai kemampuan dan kemandirian untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di wilayahnya.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan

Kampung Tangguh Desa Sumberharjo Pacitan