Komisi II DPRD Pacitan Dorong Adanya TCM Mandiri

oleh -13210 views

Pacitanku.com, PACITAN– Selama masa pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19), gugus tugas percepatan penanganan COVID-19, masih sangat bergantung kepada Pemprov Jatim dan pemerintah pusat, untuk melakukan uji swab terhadap masyarakat terduga COVID-19.

Untuk itu, Komisi II DPRD Pacitan, mendorong kepada pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan, agar sebisa mungkin melakukan test cepat molekuler (TCM) secara mandiri. Sehingga dalam waktu sehari, petugas medis akan bisa mengetahui seseorang benar terinfeksi virus SARS-COV-2 ataukah tidak.

“Kami pernah melakukan kunjungan kerja ke rumah sakit, dan mendorong agar mereka bisa berupaya untuk melakukan TCM mandiri. Harapannya, hasil uji jaringan mukosa terhadap masyarakat terduga COVID-19 akan lebih cepat diketahui,” jelas Ketua Komisi II DPRD Pacitan, Ronny Wahyono, Sabtu (24/5).

Soal anggaran, DPRD akan memberikan support. Apalagi anggaran yang dibutuhkan untuk TCM, tak begitu mahal.

“Hanya Rp 1,5 miliar, sudah bisa berjalan. DPRD memberikan dorongan agar lebih mempercepat hasil, rumah sakit bisa melakukan TCM mandiri,” tegasnya.

Selain untuk penanganan coronavirus, TCM juga bisa dipergunakan untuk penderita tuberkulosis (TBC).

“Jadi ada multi fungsi dari TCM tersebut. Kami berharap rekomendasi komisi II untuk melakukan TCM mandiri, bisa segera dilaksanakan di Pacitan. Sehingga dalam sehari kita sudah bisa mengetahui, apakah orang tersebut positif terinfeksi COVID-19 ataukah tidak,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan