Gugus Tugas Pacitan Belum Bisa Kirimkan Sampel Jaringan Mukosa untuk Uji Swab

oleh -13290 views
Jubir gugus tugas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN — Bukan hanya pemudik yang harus mengalami lockdown seiring pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19). Namun sampel jaringan mukosa, untuk uji swab terhadap pasien terduga COVID-19, juga mengalami hal yang sama.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, sejak tanggal 12 Mei hingga 17 Mei besok, pengiriman jaringan mukosa untuk dilakukan uji swab, masih harus ditunda.

Menurut Rachmad, hal itu dikarenakan Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Kementerian Kesehatan yang ada di Surabaya, masih menutup pengiriman sampel uji swab.

Bukan hanya Pacitan, namun beberapa daerah juga mengalami hal yang sama.

“BTKL menutup sementara pengiriman sampel jaringan mukosa untuk dilakukan uji swab. Sebab sudah overload. Hal ini juga berlaku bagi beberapa daerah lainnya,” kata Rachmad, Sabtu (16/5).

Menurut Rachmad, baru Senin (18/5) lusa, pengiriman sampel uji swab, bisa dilakukan kembali.

“Itupun dalam jumlah terbatas, maksimal hanya 25 sampel. Sebelumnya, kita sampai 30-40 sampel yang kita kirimkan,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan