Kasus Pertama Klaster Temboro, Total Pasien Positif COVID-19 di Pacitan Jadi 7 Orang

oleh -1.163 views
TAMBAH LAGI. Bupati Pacitan Indartato mengumumkan penambahan satu pasien positif COVID-19 pada Kamis (7/5/2020). (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Komandan satuan gugus tugas (satgas) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pacitan Indartato mengumumkan tambahan satu kasus baru positif COVID-19 di Pacitan. Dengan bertambahnya dua pasien positif COVID-19 ini, jumlah kasus di Pacitan kembali meningkat menjadi 7 pasien positif COVID-19.

Pengumuman pasien positif COVID-19 nomor 07 ini disampaikan oleh pria yang juga Bupati Pacitan tersebut dalam jumpa pers pada Kamis (7/5/2020) malam di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 8, Pacitan.

“Hari ini kita tetap prihatin, karena yang positif tambah 1 yang baru, yakni klaster baru, mudah-mudahan dengan bertambahnya ini tidak bertambah lagi, saya atas nama Pemkab Pacitan dan komandan gugus tugas pencegahan COVID-19 ini mohon maaf yang sebesar-besarnya,”kata Indartato dalam keterangan persnya bersama sejumlah awak media.

Selain 1 pasien positif baru tersebut, Indartato juga menyampaikan hasil swab lanjutan pasien positif COVID-19 sebelumnya dari yaitu klaster Sukolilo.

Atas bertambahnya pasien positif COVID-19 di Pacitan tersebut, Indartato terus menekankan kepada seluruh masyarakat Pacitan untuk terus menanamkan prosedur kesehatan.

“Kepada seluruh masyarakat Pacitan, prosedur kesehatan mari kita tanamkan bersama, karena tanpa kedisplinan bersama saya yakin tidak akan bisa memutus mata rantai COVID-19 ini, oleh karena itulah sekali lagi saya harapkan semuanya mematuhi prosedur kesehatan yang telah didengungkan telah disampaikan oleh pemerintah pusat, kabupaten, kecamatan. Sekali lagi saya mohon maaf,”jelas Indartato.

Adapun rincian 7 pasien positif COVID-19 tersebut, 5 diantaranya berasal dari klaster Sukolilo dengan asal dari Desa Kembang, Kecamatan Pacitan. Sementara pasien positif 06 berasal dari Desa Ketro, Kecamatan Tulakan. Pasien positif COVID-19 nomor 06 ini sampai detik ini belum diketahui asal klaster tertularnya.

Baca juga: Tambah 2, Total Kasus Positif COVID-19 di Pacitan Kini Jadi 6

Namun, informasi sementara yang diterima awak media, pasien tersebut konon dikabarkan tertular COVID-19 saat melakukan cuci darah di salah satu rumah sakit yang berada di Surabaya. Namun demikian informasi ini masih perlu klarifikasi lebih jauh lagi.

Sedangkan pasien positif COVID-19 nomor 07 atau terbaru yang diumumkan Bupati Indartato juga merupakan klaster baru dari Temboro. Adapun asal tempat tinggal pasien dari Kecamatan Ngadirojo. Usia pasien masih belasan tahun dan berjenis kelamin laki-laki.

Baca juga: OTG Naik Status, Bupati Pacitan Umumkan Kasus Positif COVID-19 Jadi 2 Orang

Selain kasus positif COVID-19 baru tersebut, berdasarkan data yang diperoleh Pacitanku.com dari laman covid19.pacitankab.go.id, satgas COVID-19 Pacitan telah memantau sebanyak total 20.462 orang per Kamis (7/5/2020).

Dari total jumlah pantauan tersebut, sebanyak 19.791 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR), 555 berstatus orang dalam pemantauan (ODP), 9 pasien dalam pemantauan (PDP), 100 orang tanpa gejala (OTG) dan 7 pasien positif COVID-19.

Dalam jumpa pers tersebut, Bupati Pacitan didampingi Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi, Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Wakapolres Pacitan Kompol Hendri Sulistiawan, juru bicara Satgas COVID-19 Rachmad Dwiyanto.

Kemudian juga hadir pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Trihariadi Hendra Purwaka dan juga Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Update pemantauan COVID-19 Pacitan per Kamis 7 Mei 2020

Video Jumpa Pers Bupati Pacitan terkait penambahan pasien positif COVID-19