Tambah 2, Total Kasus Positif COVID-19 di Pacitan Kini Jadi 6

oleh -131.660 views
KASUS BARU. Bupati Pacitan mengumumkan tambahan kasus baru COVID-19 di Pacitan pada Jumat (1/5/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo/pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Komandan satuan gugus tugas (satgas) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pacitan Indartato mengumumkan tambahan dua kasus baru positif COVID-19 di Pacitan. Dengan bertambahnya dua pasien positif COVID-19 ini, jumlah kasus di Pacitan kembali meningkat menjadi 6 pasien positif COVID-19.

Pengumuman pasien positif COVID-19 nomor 05 dan 06 ini disampaikan oleh pria yang juga Bupati Pacitan tersebut dalam jumpa pers pada Jumat (1/5/2020) malam di Pendopo Kabupaten Pacitan, Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 8, Pacitan.  

“Yang positif adalah, yang satu dari Kecamatan kota satu, dari kecamatan Tulakan satu, keduanya Pasen dalam Pemantauan (PDP), tetapi yang satu dirawat di Ponorogo,”kata Bupati Indartato.

Sementara kasus kedua positif yang diumumkan Bupati Pacitan malam ini adalah kasus klaster baru. Namun demikian Bupati belum menyebut kasus positif baru tersebut dari klaster mana.

“Beliau dirawat di Ponorogo, karena warga Tulakan, utamanya yang sebelah utara, lebih dekat dengan Ponorogo, sehingga beliau dirawat disana,”imbuhnya.

Bupati juga mengajak masyarakat Pacitan untuk menjaga kesehatan agar kasus positif di Pacitan tidak bertambah.

“Demi kepentingan kita bersama, harapan ini bukan sekedar imbauan, saya sekaligus mengajak kepada semuanya menjaga kesehatan, agar tidak ada kenaikan yang menjadi positif COVID-19, cukup 6 itu saja, saya kira itu yang bisa saya sampaikan, terimakasih,”pungkasnya.

Dengan demikian, dua pasien COVID-19 baru ini berasal dari dua klaster, dimana satu diantaranya adalah transmisi lokal Sukolilo seperti kasus 01 sampai kasus 04. Kesemua pasien positif COVID-19 klaster Sukolilo beralamatkan di Desa Kembang, Kecamatan Pacitan.

Sementara satu pasien positif COVID-19 lainnya yang diumumkan malam ini adalah dari klaster yang belum diketahui. Warga tersebut merupakan warga Desa Ketro, Kecamatan Tulakan.

Baca juga: Bupati Pacitan Umumkan Dua Lagi Pasien Positif Corona, Total Jadi 4

Selain dua kasus positif COVID-19 baru tersebut, berdasarkan data yang diperoleh Pacitanku.com dari laman covid19.pacitankab.go.id, Satgas COVID-19 Pacitan telah memantau sebanyak total 19.341 orang per Jumat (1/5/2020).

Dari total jumlah pantauan tersebut, sebanyak 18.789 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR). Dari total ODR tersebut, sebanyak 4.485 masih dipantau dan 14.303 orang sudah selesai dipantau.

Baca juga: OTG Naik Status, Bupati Pacitan Umumkan Kasus Positif COVID-19 Jadi 2 Orang

Kemudian sebanyak 538 berstatus orang dalam pemantauan (ODP), dimana total ODP selesai dipantau 495 orang dan dipantau 43 orang. Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 9 orang dengan rincian 3 PDP masih dipantau, 2 PDP meninggal dunia dan 4 PDP selesai dipantau.

Pada kesempatan jumpa pers tersebut, Indartato didampingi Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto, Dandim 0801/Pacitan, Letkol (inf) Nuri Wahyudi, Sekkab Pacitan Heru Wiwoho SP, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Rachmad Dwiyanto, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka serta sejumlah pejabat di organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Konpers Bupati Pacitan terkait penambahan kasus COVID-19, Jumat malam