30 Orang di Pacitan Masih Tunggu Hasil Uji Swab

oleh -13449 views
Jubir COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto saat memberikan penjelasan kasus baru COVID-19 Pacitan, Jumat (1/5/2020). (Foto: Sulthan Salahuddin/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN –  Jumlah pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan, diharapkan tak lagi bertambah. Untuk itu, satuan gugus tugas (satgas) percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, intensif melakukan gerakan-gerakan promotif dan preventif ke masyarakat, agar mereka senantiasa patuh dengan protokol kesehatan.

Juru bicara satgas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, mengatakan, sampai detik ini masih ada sebanyak 30 orang yang terdiri dari pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang tanpa gejala (OTG) yang masuk dalam daftar tunggu hasil uji swab dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Baca juga: PT PJB UBJ O&M PLTU Pacitan Bantah Ada Karyawannya Positif Rapid Test COVID-19

Rachmad mengatakan, ke-30 orang tersebut berasal dari klaster asrama haji Sukolilo, Surabaya, Temboro dan klaster baru PLTU Sudimoro.

“Kita masih menunggu hasilnya. Mudah-mudahan tidak ada penambahan pasien positif COVID-19. Sehingga upaya percepatan penanganan COVID-19 akan segera tuntas,”harap Rachmad, Rabu (6/5/2020).

Karena itu, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini meminta, masyarakat jangan panik. Tetap tenang dan selalu ikuti imbauan dan petunjuk dari pemerintah melalui gugus tugas.

“Yang terpenting selalu gunakan masker ketika keluar rumah. Lebih baik tetap tinggal di rumah bila tidak ada keperluan mendesak. Lain itu, sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) ketika tangan habis menyentuh sesuatu,”pesannya.

Data hingga Selasa (5/5/2020) pukul 15.00 WIB, Satgas COVID-19 Pacitan telah memantau sebanyak total 20.166 orang. Dari total jumlah pantauan tersebut, sebanyak 19.512 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR), 552 berstatus orang dalam pemantauan (ODP), 9 PDP, 87 orang tanpa gejala (OTG) dan 6 pasien positif COVID-19. 

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Pemantauan COVID-19 di Pacitan per Selasa (5/5/2020)