Tunggu Hasil Tes Swab, Satu PDP Pacitan Masih Diisolasi di RSUD dr Darsono

oleh -13856 views
RSUD dr Darsono Pacitan. (Foto: Dok Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN –  Satu pasien dalam pengawasan (PDP) dari Kecamatan Pringkuku yang sempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Iskak Kabupaten Pacitan pada Rabu (25/3/2020) dikabarkan sudah tiba di Pacitan.

Pantauan wartawan dilapangan, satu PDP perempuan tersebut telah tiba di Pacitan pada Rabu dini hari dan langsung transit di ruang isolasi RSUD dr. Darsono Pacitan.

“Iya. Pasien sudah datang dalm kondisi sehat. Sudah segar, jauh dari kondisi saat pertama kesini ( rsud dr. Darsono), sudah bisa jalan sendiri. Tapi pasien belum bisa pulang. Harus kami isolasi selama 14 hari lagi di sini,” jelas salah satu tim medis yang tidak mau disebutkan namanya, Rabu (25/3/2020).

Menurut keterangan yang berhasil dihimpun, sebab pasien tidak langsung dibawa pulang, seiring dengan masifnya tanggapan netizen di beberapa media sosial dan jaringan whatsapp massanger, pasca masyarakat membaca pemberitaan terkait dengan pulihnya pasien dan dijemput pulang tanpa ada hasil tes swab.

Pasien berusia 44 tahun tersebut dikabarkan sudah melakukan tes laboratorium, dalam hal ini tes swab tenggorokan yang dilakukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Litbangkes Kemenkes) RI.

Tes swab sendiri merupakan pengambilan sampel spesimen lendir di saluran pernapasan yang diuji di laboratorium Litbangkes Kemenkes, apakah mengandung virus corona baru atau tidak.

“Wah lha kalau hasil tes belum keluar kok boleh di bawa pulang, indikasi sembuh dari mana, apa sekedar tampak bugar bisa dikatakan sembuh. Kan hasilnya tes belum keluar. Ini gak jelas,”demikian  komentar netizen pada salah satu grup whatsapp info Pacitan.

Ditempat berbeda, salah satu tim medis Puskesmas Candi juga mengatakan terima kasih kepada para netizen yang berkomentar di grup whatsapp tersebut. Berkat cuitan netizen tersebut satu PDP itu diisolasi lagi terlebih dahulu.

“Ya bisa jadi karena adanya komentar para netizen akhirnya pasien diisolasi lagi selama 14 hari kedepan. Sambil menunggu hasil test. Tapi kami bersykur, Ibu X (pasien) sudah tampak sehat, dan semoga terus sehat, jauh dari kondisi awal,” jelas salah satu tim medis dari puskesmas Candi pada pewarta.

Tim medis tersebut juga terus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan atuhi instruksi pemerintah tentang pembatasan sosial atau social distancing.

 Sementara sampai berita ini ditulis, belum ada penjelasan resmi dari Plt kepala dinas kesehatan Pacitan dan direktur RSUD dr. Darsono Pacitan terkait kembali diisolasinya PDP tersebut.

Pewarta: Julian Tondo/Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan