Warga Nanggungan Pacitan Inisiatif Lakukan Disinfeksi Cegah COVID-19

oleh -13337 views
kegiatan ini merupakan inisiatif karang taruna di RW 01 Dusun Tegal Rejo

Pacitanku.com, PACITAN – Warga di Rukun Warga (RW) 01 Dusun Tegal Rejo, Desa Nanggungan, Kecamatan Pacitan berinisiatif melakukan disinfeksi dengan menyemprotkan cairan disinfektan pada Rabu (25/3/2020).

Disinfeksi menjadi harapan masyarakat dalam upaya pencegahan penyebaran infeksi coronavirus disease 2019 (COVID-19), setelah upaya social distancing. Disinfeksi yang merupakan proses dekontaminasi untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati ini sangat diandalkan oleh masyarakat.

Baca juga: Pengelola Pantai Ngiroboyo Lakukan Disinfeksi Cegah Penyebaran COVID-19

Menurut Kepala Dusun Tegal Rejo, Desa Nanggungan, Pacitan, Dian Feri Pribadi, kegiatan ini merupakan inisiatif karang taruna di RW 01 Dusun Tegal Rejo, Desa Nanggungan, Pacitan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

“Ini adalah inisiatif Karang Taruna RW 01, Dusun Tegal Rejo Desa Nanggungan, dan penyemprotan secara swadaya, kemudian ada yang donatur juga,”kata Dian, Rabu (25/3/2020).

Lebih lanjut, Dian mengatakan pihaknya menggunakan alat penyemprot hama tanaman padi dan cairan disinfektan menargetkan penyemprotan dilakukan di seluruh rumah warga setempat. Tak hanya itu, tempat umum seperti sekolah juga menjadi sasaran disinfeksi.”Sasaran semua rumah warga di RW 01,”pungkasnya.

Selain di kawasan tersebut, belakangan kegiatan disinfeksi juga terus massif dilakukan oleh sejumlah elemen di Pacitan, salah satunya PMI Pacitan. Bahkan, pada Selasa (24/3/2020) kemarin, anggota Kodim 0801/Pacitan, Polres, Damkar dan Satpol PP Pacitan melakukan diinfeksi di sejumlah jalan protokol di Pacitan.

Di Pacitan sendiri, hingga Selasa kemarin, belum ada kasus positif COVID-19. Namun Dinkes Pacitan telah menetapkan 89 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 2 Pasien dalam Pengawasan (PDP).

Pewarta: Dwi Purnawan