Pemkab Pacitan Tanggung Pembiayaan Penanganan Covid-19 dari BTT

oleh -13304 views

Pacitanku.com, PACITAN – Masyarakat diimbau tidak panik, terkait penanganan serangan coronavirus disease 2019 (covid-19), terlebih soal pembiayaan bagi pasien yang dinyatakan  terinfeksi virus Covid-19.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, menegaskan, pemerintah di semua jenjang telah mempersiapkan pembiayaan dalam rangka penanganan covid-19 yang juga masuk kategori bencana nasional non alam ini.

“Kita ada biaya tak terduga (BTT) yang sudah dianggarkan di APBD. Pos tersebut yang bisa dipergunakan untuk penanganan, termasuk pembiayaan bagi pasien positif covid-19,” katanya, usai menggelar rapat koordinasi lintas OPD, Senin (16/3).

Menurut Hendra, selain pasien yang dinyatakan suspect, orang dalam pengawasan (ODP) ataupun pasien dalam pengawasan (PDP), pemerintah di semua jenjang sudah menanggungpembiayaannya.

“Jadi ODP, dan PDP sudah masuk pembiayaan dari pemerintah,” tukas Hendra.

Diberitakan sebelumnya, satuan gugus tugas penanganan COVID-19, Pemkab Pacitan memutuskan status siaga terkait penanganan covid-19.

Menurut Wabup Pacitan Yudi Sumbogo, pemerintah berupaya menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.

Itu yang mendasari satuan gugus tugas menetapkan status siaga penanganan coronavirus,” tegas orang nomor dua di Pemkab Pacitan ini.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan