Pemkab Pacitan Gelar Rakor Penanganan Covid-19

oleh -13348 views

Pacitanku.com, PACITAN – Rapat koordinasi penanganan coronavirus disease 2019, (covid-19) di Pacitan masih berlangsung, Senin (16/3/2020). Rapat yang dipimpin Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo itu berlangsung sejak pukul 07.15 Wib. Namun hingga pukul 08.45 Wib, rapat masih berlangsung.

Kasubag Penata Usahaan Komunikasi Pimpinan, Bagian Humas dan Protokol, Setkab Pacitan, Luki, mengatakan, Rapat koordinasi penanganan covid-19 melibatkan Sekkab, seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD), para camat, asisten dan semua kepala bagian lingkup Setkab Pacitan. “Saat ini rapat masih berlangsung,” kata Luki, melalui jaringan aplikasi chating WhatsApp, Senin (16/3).

Sementara puluhan awak media masih menunggu hasil rakor tersebut.

Diberitakan sebelumnya, di tingkat Provinsi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meliburkan siswa SMA-SMK di wilayah setempat selama dua pekan, kecuali peserta Ujian Nasional, sebagai upaya peningkatan kesipsiagaan melindungi kesehatan masyarakat akibat penyebaran virus COVID-19.

Imbauan Gubernur tersebut diperkuat dengan surat edaran Gubernur nomor 420/1780/101.1/2020.

Namun, khusus untuk siswa kelas XII SMK (16-19 Maret) dan SMA (30 Maret-2 April) yang akan mengikuti Ujian Nasional, kata dia, tetap dilaksanakan sesuai jadwal dengan memperhatikan prosedur kesehatan ditentukan.

Selain itu, satuan pendidikan diminta untuk menunda pelaksanaan kegiatan pertukaran pelajar atau study exchange, baik ke luar maupun ke dalam negeri, termasuk kegiatan study tour.

Tak hanya memberikan imbauan di bidang pendidikan, Gubernur Khofifah juga melakukan langkah di bidang perhubungan, kesehatan, pemerintahan, ekonomi hingga informasi dan komunikasi.

“Bupati/wali kota harus menyediakan fasilitas cuci tangan dengan sabun di setiap terminal, bandara, stasiun serta pelabuhan. Lalu, sediakan pos pemeriksaan kesehatan yang dilengkapi thermal gun serta masker,” katanya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan