Beredar Meme Minuman Beralkohol Bisa Cegah Covid-19, Plt Kadinkes Pacitan: Salah Kaprah

oleh -13666 views
Ilustrasi tes Corona

Pacitanku.com, PACITAN – Seiring masifnya serangan coronavirus disease 2019 (covid-19), banyak beredar meme-meme di jejaring media sosial, terkait anjuran mengkonsumsi minuman beralkohol guna menangkal virus mematikan itu.

Beberapa warganet sempat penasaran, lantaran ada informasi dari komunitas di Kota Surakarta, yang menyampaikan bahwa coronavirus virus bisa ditangkal dengan minuman beralkohol diatas 7 persen.

Sontak kabar tersebut membuat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihadi Hendra Purwaka, sedikit geram.

Ia meminta masyarakat jangan mudah terkecoh dengan meme-meme yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dulu, lanjut dia, perokok dikatakan resisten terinfeksi covid-19. Namun sebenarnya, paru-paru perokok justru menjadi “surga” bagi covid-19. Sebab daya tahan tubuh perokok cenderung menurun.

“Ini malah ada lagi meme-meme minuman keras bisa mencegah covid-19. Ini jelas anggapan yang salah kaprah dan jutsru akan menyesatkan,” kata Hendra melalui ponselnya, Sabtu (14/3).

Menurut Hendra, minuman beralkohol justru akan merusak imun tubuh. Anti body akan banyak tereduksi dengan masuknya alkohol kedalam tubuh. “Didalam tubuh akan muncul reaksi biokimia, yang justru akan membunuh kekebalan tubuh seseorang,” tegasnya.

Untuk itu, Hendra meminta masyarakat jangan terlampau berlebihan menyikapi covid-19. Lebih baik jaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). “Dan yang terpenting selalu cuci tangan pakai sabun dan bilas dengan air mengalir,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutono
Editor: Dwi Purnawan