PKS Masuk Lingkaran Koalisi PKB-PDIP di Pilbup Pacitan?

oleh -13914 views
Politisi PKB saat bertemu dengan PKS di salah satu warung makan di Pacitan. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN –  Berawal dari obrolan santai terkait kriteria cabup dan cawabup, akhirnya mengkristal menjadi sebuah kekuatan koalisi baru.

Begitulah sekilas penjajakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam membangun kekuatan menghadapi Pilbup serentak 2020.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Pacitan, Fibi Irawan membenarkan adanya kecocokan paham antara partai yang dipimpinnya dengan PKS.

“Ya awalnya kita hanya ngobrol santai terkait kriteria calon bupati dan wakil bupati. Namun disitu akhirnya ada kecocokan, hingga mengarah ke gerbong koalisi,”kata Fibi, saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Sabtu (14/3/2020) malam.

Meski begitu, ia belum bisa memastikan kapan deklarasi koalisi akan dilaksanakan.

“Sementara kami baru menemukan kecocokan paham, soal kriteria cabup dan cawabup. Akan tetapi ini jelas embrio koalisi,” tutur politisi bertubuh subur ini.

Dengan adanya sinyal kuat masuknya PKS ke poros koalsi PKB, tentu kekuatan politik yang akan dibangun kedua parpol menyongsong pagelaran Pilbup nanti akan semakin kokoh. Apalagi PDIP sudah sejak awal memastikan berkoalisi dengan PKB.

Sebagai informasi, bahwa PKB memiliki lima kursi di DPRD Pacitan. Kemudian PDIP enam kursi dan PKS dua kursi. Tentu secara aturan, koalisi tiga partai tersebut sudah bisa mengusung pasangan calon seperti halnya Golkar dan Demokrat.

Namun demikian, hingga berita ini ditulis, belum diperoleh konfirmasi dari PKS terkait wacana koalisi tersebut.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan