Tanggap DBD, Pemkab Pacitan Siagakan Seluruh Instansi Kesehatan

oleh -13243 views
Seorang relawan DBD melakukan pengecekan ember. (Foto: Dok Dinkes Jatim)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menyiagakan seluruh instansi kesehatan untuk tanggap penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo saat berbincang dengan Pacitanku.com, Jumat (13/3/2020) di ruang kerjanya di Pacitan mengatakan saat ini pihaknya menyiagakan seluruh perangkat dan instansi kesehatan.

“Jajaran Pemkab Pacitan, harus dipersiapkan seluruh instansi kesehatan, bahkan sampai bidan desa untuk tanggap pemyakit demam berdarah,”katanya.

Baca juga: Legislator Dorong Semua Pihak Sukseskan Program PSN yang Dicanangkan Bupati Pacitan

Selain itu, pria yang akrab disapa Mbogo ini juga mengatakan dirinya sudah memanggil seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pacitan untuk penanganan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aygepti ini.

“Secara marathon, saya sudah memanggil seluruh opd untuk penanganan DBD,”ujar mantan legislator Partai Demokrat (PD) DPRD Pacitan ini.

Sejak bulan Januari 2020 lalu, jumlah penderita DBD di Pacitan terus meningkat meski mengalami tren penurunan di bulan Maret.

Tercatat, berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, penderita DBD di Pacitan sendiri sudah tercatat sebanyak 208 penderita. Salah satunya Bupati Pacitan Indartato, juga harus menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Yogyakarta. Bahkan, bulan Februari lalu seorang pasien DBD asal Pacitan meninggal dunia.

Di tingkat provinsi Jawa Timur sendiri, hingga bulan Maret tahun 2020 ini sudah ada sekitar 1.766 kasus, dimana 15 kasus diantaranya meninggal dunia. Di tingkat nasional, hingga saat ini sudah ada lebih dari 16.000 kasus DBD secara nasional, dengan 100 lebih diantaranya meninggal dunia.

Baca juga: Selama 2020, Total 178 Kasus DBD di Pacitan, Terbanyak di Kecamatan Kota

Setelah peristiwa tersebut, Komisi II DPRD Pacitan juga telah melakukan sidak ke RSUD dr Darsono untuk memastikan penanganan terbaik DBD di Pacitan.

Pemkab melalui Bupati Indartato juga sudah melakukan pencanangan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) beberapa waktu lalu di kawasan endemik DBD di Kelurahan Ploso, Pacitan.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan