Legislator Dorong Semua Pihak Sukseskan Program PSN yang Dicanangkan Bupati Pacitan

oleh -13327 views
BERANTAS DBD. Bupati Indartato dan elemen warga Ploso menggelar PSN di Ploso, Kamis (27/2/2020) kemarin. (Foto: Putro Primanto/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pacitan Ririn Subianti mendorong semua pihak untuk menyukseskan program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) yang sudah dicanangkan oleh Bupati Pacitan Indartato.

“Bapak Bupati Indartato sudah menyerukan waspada nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD), bahkan beliau turun ke lapangan turut kerja bhakti bersih lingkungan dan mencanangkan program PSN,”kata Ririn saat dihubungi Pacitanku.com, Jumat (28/2/2020).

Baca juga: Cegah DBD, Indartato Ajak Masyarakat Pacitan Giatkan PSN

Atas upaya serius tersebut, Ririn mengimbau pihak terkait untuk menyukseskan program PSN di Pacitan ini, mengingat angka kasus DBD di Pacitan cukup tinggi.

“Saya berharap Dinas kesehatan melalui Puskesmas dan tenaga kesehatan, tak ketinggalan para kader jumantik dan tokoh masyarakat selalu menyerukan kesadaran tentang bagaimana antisipasi wabah DBD,”kata anggota Fraksi Gerakan Keadilan Pembangunan DPRD Pacitan ini.

Dengan kerja keras semua pihak, Ririn optimistis kasus DBD di Pacitan yang sudah menyentuh angka 178 kasus per Kamis (27/2/2020) bisa ditekan.

Ririn Subianti. (Foto: Istimewa)

“Dengan ikhtiar, maksimalkan PSN dan satu program lainnya yaitu Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta kerjasama yang baik seluruh unsur masyarakat dan pemerintah, semoga penderita DBD bisa ditekan,”pungkas politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, dalam kurun waktu dua bulan, sebanyak 178 kasus DBD terjadi di Kabupaten Pacitan. Bahkan pada bulan Februari 2020 ini, ada salah satu penderita DBD yang meninggal dunia.

Merujuk data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, pada Kamis (27/2/2020), kasus DBD terbanyak berada di Kecamatan Pacitan kota dengan 90 kasus. Sementara kasus DBD terendah di Kecamatan Bandar dengan 2 kasus.

Baca juga: Selama 2020, Total 178 Kasus DBD di Pacitan, Terbanyak di Kecamatan Kota

Bupati Pacitan, Indartato sendiri sudah mencanangkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di daerah endemi penyebaran penyakit DBD di Lingkungan Temon, Kelurahan Ploso, Pacitan, Kamis (27/2/2020) kemarin.

Komisi II DPRD Pacitan juga telah melakukan sidak ke RSUD dr Darsono untuk memastikan penanganan terbaik DBD di Pacitan.

Pewarta: Putro Primanto
Penyunting: Dwi Purnawan