TRC Jadi Andalan BPBD Pacitan dalam Penanggulangan Darurat Kebencanaan

oleh -13321 views
Tim SAR Gabungan tengah bersiap melakukan operasi pencarian nelayan hilang. (Foto: Dok BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, terus melakukan pengembangan dalam rangka melakukan langkah tanggap darurat kebencanaan.

Satu diantaranya, OPD dibawah kendali Didik Alih Wibowo tersebut akan membentuk tim penanggulangan banjir dan longsor di setiap kecamatan.

“Selama ini tugas-tugas BPBD memang banyak dibantu oleh relawan kebencanaan. Saat ini sudah ada 11 organisasi relawan yang bergabung di BPBD. Jumlah personilnya ada ribuan orang,” terang Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo, Jumat (13/3/2020) di Pacitan.

Selain itu, lanjut Didik, BPBD juga telah memiliki tim reaksi cepat (TRC) yang siaga 24 jam penuh. Mereka terdiri dari gabungan beberapa elemen, yang memiliki keahlian khusus dalam penanggulangan kedaruratan bencana.

Kalak BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo. (Yuniardi Sutondo).

Selama ini, TRC punya peran vital dalam melakukan upaya-upaya kedaruratan bencana.

“Merekalah yang selama ini banyak memberikan sumbangsih kepada masyarakat, utamanya ketika terjadi musibah bencana alam. Mereka bisa dibilang hampir tidak pernah tidur, berjaga 24 jam nonstop seandainya terjadi bencana alam di Pacitan,” jelasnya.

Lebih lanjut Didik mengugkapkan, selama ini kemampuan TRC yang dimiliki BPBD tak diragukan lagi. Mereka terdiri dari beberapa unsur yang telah terdidik dan terlatih dalam menanggulangi kedaruratan bencana.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan