Museum SBY dibangun, Sugiri: Bupati Pacitan Kedepan Harus Moncer Ledakkan Potensi Wisata

oleh -13720 views

Pacitanku.com, PACITAN — Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Jawa Timur Sugiri Sancoko memberikan catatan khusus dibangunnya Museum & Galeri Seni SBY-ANI di Pacitan yang groundbreaking atau peletakan batu pertama nya dilakukan pada Sabtu (22/2/2020).

Menurut Giri, panggilan akrabnya, ini adalah jejak catatan sejarah putra Pacitan yang telah menorehkan karya luar biasa di Indonesia.

“Pak SBY adalah sosok luar biasa, tokoh inspirasi bagi kita semua, yang dengan perjuangan keras serta semangat nya mampu menjadi panutan dan idola bagi anak negari,”kata Giri.

Dengan dibangunnya tempat ini, lanjut Giri, Anak cucu kita bisa mencontoh sosok negarawan yang menghidupkan Demokrasi yang santun, berjuang menghadapi tantangan sehingga Indonesia menjadi negara yang disegani.

“Anak muda dan generasi penerus harus bisa meniru jejak beliau dalam meneruskan cita-cita perjuangan bangsa,”imbuhnya.

Bagi Pacitan, kata Giri, Museum SBY dan Galeri Seni Ani ini sangat penting.

“Ini bisa menjadikan Pacitan sebagai kota yang menonjol dibanding daerah lain apabila Bupati Pacitan kedepan moncer, Bupati Pacitan harus bisa menjadikan tempat ini sebagai tonjolan dan ledakan yang baik untuk tujuan destinasi wisata dan menjadikan masyarakat nya lebih sejahtera,”pungkasnya.

Sebagai informasi, museum dan Galeri Seni SBY-ANI berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), lingkungan Barehan, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan. Bangunan ini akan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektar. Adapun, bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 meter persegi.

Untuk konsep bangunan merupakan gabungan bagian Museum Kepresidenan SBY dan Galeri Seni Ani Yudhoyono. Bangunan museum tersebut akan dibagi menjadi 20 tema besar yang akan menampilkan keunikan dan ciri khas berbeda di tiap temanya. Setiap tema akan bercerita sejak SBY lahir dan besar di Pacitan.

Kemudian, menempuh pendidikan militer di Akabri, menjalani berbagai pendidikan dan penugasan militer, hingga pernah menjadi menteri. Yang tak kalah menarik, pengalaman SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat ini kala ikut berkompetisi dan terpilih di Pilpres 2004.

Ada pula sisi museum yang bersifat tematis berisi pernik 10 tahun masa pemerintahan SBY yang sarat dengan pengetahuan dan wawasan serta beberapa tema humanis seperti keluarga SBY dan perpustakaan pribadi.

Konsepnya adalah ada bangunan yang merupakan bagian Museum Kepresidenan SBY dan ada pula bagian Galeri Seni Ani Yudhoyono, sehingga rencananya dinamakan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Penyunting: Dwi Purnawan