AHY Berharap Museum dan Galeri Seni SBY-ANI Jadi Inspirasi Generasi Penerus Bangsa

oleh -13611 views
INSPIRASI. AHY saat menjawab pertanyaan pewarta di sela groundbreaking museum dan galeri seni SBY-ANI, Sabtu. (Foto: Yahya Ali Rahmawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Agus Harimurti Yudhoyono atau yang akrab disapa AHY mewakili ayahnya saat menjawab pertanyaan dari pewarta tentang pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI lingkungan Barehan, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Adapun groundbreaking nya dilakukan hari ini, Sabtu (22/2/2020).

Menurut AHY, pembangunan tempat tersebut akan membagikan cerita dan inspirasi tentang perjuangan sosok Susilo Bambang Yudhoyono.

“Baik selama 10 tahun menjadi presiden, ataupun lebih lama dari itu tentang cerita dan inspirasi Bapak SBY sejak kecil yang tumbuh didaerah yang penuh tantangan di Pacitan, namun dengan kerja keras dan semangat yang tinggi bisa menjadi sosok penting di negeri ini,”kata AHY yang didampingi oleh Annisa Pohan, istrinya.

AHY berharap pembangunan Museum SBY dan Galeri Seni Ani akan menjadi Inspirasi dan pembelajaran bagi generasi bangsa.

“Tempat ini yaitu Museum SBY dan Galeri Seni Ani merupakan harapan besar bagi kedua orang tua kami, yaitu Bapak SBY dan Almarhumah Ibu Ani, bahwa akan hadir sebuah Museum dan galeri yang bisa dikunjungi setiap saat dan bisa menjadi informasi sekaligus inspirasi bagi siapa saja yang mengunjungi nya,”imbuhnya.

Selama menjalani perawatan di RS Singapura, Ibu Ani terus berharap bagaimana Museum dan galeri Seni ini bisa dihadirkan di Pacitan.

“Pacitan yang merupakan tanah kelahiran SBY memiliki daya tarik tersendiri bagi Ibu Ani Yudhoyono, untuk itu saya mohon do’a bagi semuanya agar pembangunan Museum SBY dan galery Seni Ani ini bisa berjalan baik dan sukses,”pungkasnya.

Sebagai informasi, museum dan Galeri Seni SBY-ANI berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), lingkungan Barehan, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan. Bangunan ini akan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektar. Adapun, bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 meter persegi.

Untuk konsep bangunan merupakan gabungan bagian Museum Kepresidenan SBY dan Galeri Seni Ani Yudhoyono. Bangunan museum tersebut akan dibagi menjadi 20 tema besar yang akan menampilkan keunikan dan ciri khas berbeda di tiap temanya. Setiap tema akan bercerita sejak SBY lahir dan besar di Pacitan.

Kemudian, menempuh pendidikan militer di Akabri, menjalani berbagai pendidikan dan penugasan militer, hingga pernah menjadi menteri. Yang tak kalah menarik, pengalaman SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat ini kala ikut berkompetisi dan terpilih di Pilpres 2004.

Ada pula sisi museum yang bersifat tematis berisi pernik 10 tahun masa pemerintahan SBY yang sarat dengan pengetahuan dan wawasan serta beberapa tema humanis seperti keluarga SBY dan perpustakaan pribadi.

Konsepnya adalah ada bangunan yang merupakan bagian Museum Kepresidenan SBY dan ada pula bagian Galeri Seni Ani Yudhoyono, sehingga rencananya dinamakan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Penyunting: Dwi Purnawan