Ini Harapan Indartato Atas Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-Ani

oleh -13267 views

Pacitanku.com, PACITAN — Bupati Pacitan Indartato mengaku sangat bangga dengan dibangunnya Museum SBY dan Galeri Seni Ani di Kabupaten Pacitan yang groundbreakingnya di lakukan pada Sabtu, (22/02/2020).

Bupati dua periode di Kabupaten Pacitan itu mengucapkan banyak terima kasih dengan dibangunnya tempat menyimpan jejak sejarah perjuangan putra terbaik Pacitan dalam membangun negeri tercinta.

Menurut Indartato, dulu ditahun 70 an, 80 an, dan 90 an, kalau pergi ke Surabaya atau tempat lainnya banyak warga Pacitan yang tidak mengakui sebagai orang Pacitan.

“Biasanya mengaku sebagai orang Madiun atau orang Ponorogo, namun sejak Pak SBY menjadi orang nomor satu di Indonesia, banyak orang diluar Pacitan mengaku dari Pacitan, itu mengartikan bahwa Pak SBY membawa perubahan dalam mengharumkan nama Pacitan di pentas Indonesia bahkan dunia,” kata Indartato yang disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

Dengan dibangunnya Museum SBY dan Galeri Seni Ani ini, lanjut Indartato, Pemerintah Kabupaten Pacitan bisa menaikkan kunjungan wisatawan ke Pacitan.

“Selama tahun 2019 kemarin, total 2,3 juta orang mengunjungi Pacitan, harapan kami dengan adanya Museum SBY dan Galeri Seni Ani ini akan meningkat menjadi 5 juta orang mengunjungi Pacitan selama setahun,”imbuh pria yang juga Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan itu.

Dengan demikian, kata Indartato, dengan adanya museum dan galeri itu akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Pacitan.

“Sebaliknya, bisa menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Pacitan, Mudah-mudahan harapan ini bisa terwujud dimasa yang akan datang,”pungkasnya.

Sebagai informasi, museum dan Galeri Seni SBY-ANI berlokasi di Jalan Lingkar Selatan (JLS), lingkungan Barehan, Kelurahan Sidoharjo, Pacitan. Bangunan ini akan dibangun di atas lahan sekitar 1,5 hektar. Adapun, bangunan total museum dan galeri seni keseluruhan sekitar 7.500 meter persegi.

Untuk konsep bangunan merupakan gabungan bagian Museum Kepresidenan SBY dan Galeri Seni Ani Yudhoyono. Bangunan museum tersebut akan dibagi menjadi 20 tema besar yang akan menampilkan keunikan dan ciri khas berbeda di tiap temanya. Setiap tema akan bercerita sejak SBY lahir dan besar di Pacitan.

Kemudian, menempuh pendidikan militer di Akabri, menjalani berbagai pendidikan dan penugasan militer, hingga pernah menjadi menteri. Yang tak kalah menarik, pengalaman SBY yang juga Ketua Umum Partai Demokrat ini kala ikut berkompetisi dan terpilih di Pilpres 2004.

Baca juga: Didampingi AHY, SBY Gladi Bersih Groundbreaking Pembangunan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI

Ada pula sisi museum yang bersifat tematis berisi pernik 10 tahun masa pemerintahan SBY yang sarat dengan pengetahuan dan wawasan serta beberapa tema humanis seperti keluarga SBY dan perpustakaan pribadi.

Konsepnya adalah ada bangunan yang merupakan bagian Museum Kepresidenan SBY dan ada pula bagian Galeri Seni Ani Yudhoyono, sehingga rencananya dinamakan Museum dan Galeri Seni SBY-ANI.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Penyunting: Dwi Purnawan