Top 15 Destinasi Wisata Pacitan, Kamu Pilih Mana?

oleh -139.857 views
Keindahan kawasan Pantai Soge dipotret dari udara. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

5. Pantai Watukarung

Putri Samudera Pantai Watukarung. (Foto: Arif Sasono)
Putri Samudera Pantai Watukarung. (Foto: Arif Sasono)

Dengan khas dari pantai pasir putih dan ikan banyak, pantai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang mengunjungi tempat itu. Namanya Pantai Watukarung.

Pantai ini terletak di Desa Watukarung, di Kecamatan Pringkuku Pacitan, jika jaraknya ditempuh dari pusat kota sekitar Pacitan kurang lebih sekitar 25 sampai 30 Km. Jalan menuju pantai ini cukup sulit untuk dicapai karena hanya melalui jalanan menanjak yang kecil dan berliku jalan dan ke bawah, sehingga perjalanan ke pantai watu karung agak memerlukan kewaspadaan.

Waktu tempuh sekitar 45 menit untuk sampai ke destinasi pantai ini dari pusat Kota Pacitan. Kepopuleran Pantai Watukarung mendunia setelah peselancar kelas dunia macam jawara dunia Bruce Irons tertarik mencoba berselancar di pantai ini. Foto-foto Bruce saat berselancar di Watukarung bahkan menjadi sampul utama majalah internasional terkemuka “Waves”.

6. Pantai Kasap

Indartato saat berpose di sabana Pantai Kasap. (Foto: IG Indartato)

Pantai Kasap ini diketahui berada di dekat tiga pantai lainnya di kecamatan ini, yakni pantai Watukarung, pantai Banteng Mati dan pantai Peden Ombo.

Seperti diketahui, pantai ini memiliki karakteristik khas di pantai selatan, yakni karang dan juga pasir putih serta ombak yang deras. Tak hanya itu, berada di bukit Pantai Kasap, apalagi saat senja menjadi momen paling keren.

Sejumlah spot terbaru yang dibangun tersebut adalah Gardu pandang yang dibuat dari kayu, lengkap dengan tangga dan jembatan kecil di atassnya. Spot foto lain adalah semacam gerbang yang dibuat dari tumpukan akar dan dahan pepohonan.

Dengan adanya spot terbaru tersebut, keindahan dan keelokan Pantai Kasap semakin terasa. Berada di atas gardu pandang, pengunjung dapat menikmati dengan bebas keindahan panorama pantai-pantai serta pulai kecil di sekeliling bukit yang dikenal dengan raja ampatnya Pacitan ini.

7. Sentono Genthong

Kawasan Wisata Sentono Genthong Pacitan (Foto: Frendi Setiawan Pradikdo)

Untuk diketahui, destinasi wisata yang satu ini juga terbilang masih baru karena baru mulai dikembangkan pada tahun 2018. Sentono Gentong berlokasi di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku yang berjarak 13 kilometer atau 20 menit dari pusat kota.

Waktu tempuhnya kurang-lebih setengah jam karena harus melalui medan perbukitan. Rute termudah menuju Sentono Genthong dari Kota Pacitan adalah melalui Jalan Raya Tumpak Rinjing menuju Desa Dadapan. Menjelang sampai Balai Desa Dadapan, akan dijumpai plang penunjuk jalan sederhana menuju lokasi tujuan.

Di kawasan ini, pemandangan terbuka ke arah Teluk Pacitan tampak begitu menajkubkan. Terlihat pula pasir putih Pantai Teleng Ria hingga Pantai Pancer Dorr bagaikan bulan sabit. Kota Pacitan juga tampak cantik dari ketinggian.

Keindahannya kian berpadu dengan barisan perbukitan yang mengelilinginya bagai dinding raksasa. Saat cuaca cerah, pagi hari menjadi waktu yang pas untuk berkunjung ke sini. Mentari yang pelahan muncul dari barisan pegunungan Pacitan di wilayah timur terlihat indah.

Di Sentono Genthong ini ada situs Sentono Genthong yang merupakan petilasan Syeh Subakir, juga ada arena panjat tebing, paralayang, yang landing di pantai teleng ria, atau darurat, selain itu untuk fasilitas, disini ada gazebo untuk bersantai ria, keluarga, mushola, kamar mandi, area untuk melihat Pacitan dari atas bukit.

Pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp10 ribu untuk dapat menikmati area indah di Sentono Genthong ini.

8. Pantai Srau

Pantai Srau Dijadikan Tempat Gathering MOTO AE. (Foto : Doc.Pacitanku)
Pantai Srau. (Foto : Doc.Pacitanku)

Obyek wisata di Pacitan dengan corak karang dan Pantai pasir putih adalah pantai Srau. Pantai Srau ini terletak di Desa Candi Kecamatan Pringkuku. Jaraknya sekitar 25 Km ke arah Barat dari pusat kota Pacitan.

Pantai Srau sendiri terbagi menjadi 3 bagian pantai yang dikeliling bukit karang. Bagian pertama, adalah pantai yang letaknya tidak jauh dari pos tiket. Ombaknya besar dan warna laut masih biru laut serta pasir putih yang bersih. Di tengah laut menonjol beberapa bukit karang yang terlihat hidup ketika diterpa ombak yang besar.

Secara keseluruhan pantai Srau sangat mempesona dalam menyajikan keindahan alam dan membuat kita berdecak kagum mulai dari ombak yang besar, laut yang sangat biru, angin sepoi, bukit yang menyerupai semenanjung, karang hitam yang eksotis, dan laut yang membentuk telaga. Selain itu, di lepas pantai dapat kita saksikan karang yang menyembul dan bentuknya mirip seperti ekor Hiu.

9. Sungai Maron

Anak - anak Maron berlayar (foto : wildan)
Anak – anak Maron berlayar (foto : wildan)

Yang cukup unik dari sungai ini adalah panorama dan kebeningan air sungainya yang memanjakan mata. Pemandangan di sepanjang sungai berdiri pohon kelapa dan pohon jambu yang hijau dan asri dengan air sungai berwarna kehijauan yang menyegarkan. Keberadaan sungai ini juga menjadi denyut nadi masyarakat sekitar.

Di salah satu lokasi aliran Sungai Maron ini terdapat ceruk sungai yang oleh warga Dersono dikeramatkan dengan nama Kali Sirah. Selain itu, Sungai Maron ini memang memiliki daya pikat yang cukup tinggi, selain airnya jernih, sungai Maron sangat berarti bagi masyarakat Desa Dersono di Pringkuku dan Desa Sendang di Donorojo, karena berfungsi sebagai sumber air bagi kehidupan.

10. Pantai Teleng Ria

Berjemur di pinggir pantai Teleng Ria. (Foto: Instagram)
Berjemur di pinggir pantai Teleng Ria. (Foto: Instagram)

Pantai Teleng Ria ini adalah Pantai yang jaraknya sangat dekat dari pusat Kota Pacitan, yaitu sekitar 3,5 Km atau 5-10 menit perjalanan. Pantai Teleng Ria merupakan Pantai yang modelnya adalah berupa teluk Pacitan, selain Pantai pancer yang berada di sisi timur Teluk pacitan.

Pantainya diapit oleh dua dataran tinggi yang merupakan bagian dari pegunungan kapur Selatan yang membujur dari Gunung Kidul ke Trenggalek, dan menghadap Samudera Indonesia.

Walaupun pantai ini disinari matahari yang terik, namun udaranya masih terasa sejuk layaknya hembusan angin pegunungan. Kondisi yang demikian ini membuat Pantai ini menjadi salah satu alternatif liburan keluarga anda, Pantai ini berhadapan langsung dengan Pantai Selatan, dengan hamparan pasir putih sepanjang 3 Km.

Ombak di pantai inipun cocok bagi mereka yang ingin berenang atau hanya untuk bermain-main di kala liburan keluarga. Pemandangan yang melatarbelakangi pantai inipun tak kalah indah, karena disekitarnya dikelilingi oleh rangkaian Gunung Limo.

Pemandian air hangat ini terletak di Kecamatan Arjosari, tepatnya di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 15 km arah utara kota Pacitan.

11. Pantai Pangasan

Indartato berada di Pantai Pangasan. (Foto: IG Indartato)

Satu lagi yang masih natural dan cukup unik dengan ciri khas yang berbeda adalah Pantai Pangasan dan Pantai Sangklehan.

Nah, barangkali diantara kamu ada yang sudah kesana, karena pantai Pangasan belakangan ini mendadak populer di social media, dengan banyaknya petualang wisata yang mengupload landmark khas Pangasan di akun social media, terutama instagram.

Pantai Pangasan yang terletak di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung ini mungkin menjadi salah satu wisata pantai alternatif di Pacitan. Dua pantai ini, pantai Pangasan dan Pantai Sangklehan merupakan satu kawasan pantai yang masih sangat alami, dengan daya tarik utama Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran.

Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah adanya tebing batu yang cukup tinggi menjulang di sisi barat pantai. Penduduk setempat menamakan bukit batu tersebut dalah Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran, yang merupakan sebuah tanjung kecil yang seakan terpisah dari daratan utama.

Jika dilihat dari arah timur Gunung Lanang terlihat seperti batu yang menjulang tinggi. Sementara, di sisi barat pantai oleh warga setempat biasa disebut Pantai Pangasan, dengan kharakteristik pantai berupa batu karang.  Kemudian, di kawasan timur terdapat sungai yang membatasi kawasan barat yang didominasi batu karang dengan kawasan timur yang berpasir.

12. Pemandian Air Hangat

Area baru yang ada di Pemandian Air Hangat Tirta Husada. (Foto : Didik/FB)
Area baru yang ada di Pemandian Air Hangat Tirta Husada. (Foto : Didik/FB)

Lokasi untuk mencapai pemandian Air hangat tidak sulit ditempuh. Anda bisa memanfaatkan tiga jalur utama yang menuju dan dari kota Pacitan Pertama jalur Solo-Wonogiri-Pacitan. Kedua jalur Ponorogo-Pacitan. Jarak Solo Pacitan sekitar 117 km, Ponorogo-Pacitan 60 km. Jika anda mengendarai kendaraan pribadi, dari arah Ponorogo menuju kota Pacitan, 50 meter sebelah pasar Arjosari, belok kanan kurang lebih berjarak 3 km ke arah Nawangan.

Banyu Anget terletak di bawah lereng bukit batu putih atau gunung kelir. Pemandangan sekitar lereng begitu menawan. Keunggulan Banyu Anget Tirto Husodo, selain panorama alam yang menawan dan mudah dijangkau dengan transportasi darat, air hangatnya berkhasiat untuk kesehatan.

13. Pantai Pidakan

Ani Yudhoyono di Pantai Pidakan Pacitan. (Foto: IG Ani Yudhoyono)

Pantai Pidakan berada di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan dari Kota Pacitan kurang lebih 50 KM menuju desa Jetak. Pantai tersebut terkenal keindahan alam dan terkenal kesejukannya. Tetapi jalan menuju ke Pantai tersebut kurang memadai.

Jika melewati Jalur Lintas Selatan, akan lebih mudah karena pantai ini berada dipinggir JLS, kurang lebih 2 Km dari JLS.

Hal yang sangat unik dan yang membedakan pantai ini dengan pantai-pantai lain yang berada di Pacitan adalah rincian dari material Pantainya 70 persen yaitu bebatuan alam dan sisanya merupakan pasir putih, sehingga disana terdapat banyak batuan -batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran.

14. Pantai Soge

Soge via IG Indrarahman12

Pantai Soge, terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Pantai ini berada di pinggir jalan raya atau lebih tepatnya Jalur Lintas Selatan, Selain itu terdapat juga muara yang menambah keunikan pantai ini. Dengan di bangunnya JLS di Pacitan membuat pantai Soge menjadi tempat baru untuk nongkrong, apalagi di kawasan Pantai Soge ini terdapat jembatan Soge yang bagus.

Indah, itu adalah kata pertama yang paling pas untuk menggambarkan betapa indahnya eksotika lanskap pantai yang terbentang di kawasan Samudra Hindia itu yang berjarak 276 kilometer barat daya Kota Surabaya, ibu kota Jawa Timur. Puluhan wisatawan lokal dari sejumlah daerah, mulai anak-anak hingga orang dewasa, begitu asyik bermain air di muara Sungai Soge yang jernih dengan pasir putihnya.

Sementara, alur muara sungai berkelok mengitari pasir putih yang membentang di tengah hingga jarak radius 150 meter sehingga memberi ruang cukup luas bagi wisatawan untuk bermain apa saja dan menikmati keindahan wahana alami pantai.

Masih ada satu lagi wahana hiburan yang bisa dinikmati oleh pengunjung selain sekadar berdiri memandangi ombak di tepian pantai, bermain air. Wahana itu adalah ”danau kecil” yang terbentuk karena air laut tidak sepenuhnya tertarik ke tengah laut saat terjadi fenomena air surut, dan terpisah oleh gundukan pasir putih yang membentang di tengah.

15. Pantai Taman

Tak salah rasanya jika menyebut kawasan wisata Pantai Taman, di Desa Hadiwarno, Ngadirojo menjadi salah satu obyek wisata yang menyajikan nuansa edukatif atau pendidikan di Pacitan. Selain karena memang kawasan ini untuk rekreasi keluarga, kompleks pantai Taman juga menawarkan wisata pendidikan yang ditujukan untuk akademisi, sekolah maupun berbagai stake holder pendidikan lainnya.

Selain wisata pantai, di Pantai Taman sendiri saat ini tengah dikembangkan flying fox sebagai obyek wisata petualangan, dan yang tak kalah penting dalam konsep wisata pendidikan adalah pengembangan konservasi penyu.