Menikmati Keindahan Panorama Pantai Pidakan

oleh -1.320 views

PANTAI Pidakan adalah salah satu pantai yang direkomendasikan saat Anda mengunjungi Pacitan. Pantai yang terletak di Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan ini memiliki ciri khas bebatuan yang menyelimuti hampir 70 persen garis pantainya. Saat Anda menikmati panorama pantai ini, Anda serasa akan dimanjakan dengan terapi batu yang bisa jadi akan semakin melancarkan aliran darah dalam tubuh Anda.

Panorama pantai

Hasil jepretan Ani Yudhoyono di Pantai Pidakan Pacitan. (Foto: IG Ani Yudhoyono)

Anda akan dimanjakan dengan bebatuan kerikil putih yang bisa digunakan untuk duduk sembari menikmati pantai. Di Pantai ini terdapat banyak batuan -batuan alam yang kesemuanya dalam berbagai variasi bentuk maupun ukuran. Namun jangan dibawa pulang ya batu-batunya tersebut. Cukup dinikmati saja.

Selain bebatuan, panorama pantai ini semakin lengkap dengan adanya pohon – pohon kelapa banyak tumbuh di pantai pidakan dengan lokasi yang rata dan cukup lapang.

Anda juga dapat melihat bintang laut dan biota laut lainnya seperti bulu babi, landak laut, hingga kepiting bakau, dan juga banyak cangkang-cangkang kerang/molusca lain disini. Pemandangan saat matahari tenggelam memang sangat indah apabila dilihat dari lokasi ini.

Pantai Pidakan Via IG @satlantaspolrespacitan

Pengelola setempat, yakni Pokdarwis Pantai Pidakan yang bekerja sama dengan Posdaya Dadirejo juga berupaya terus mempercantik panorama pantai dengan berbagai kelengkapan sarana dan prasarananya. Beberapa tambahan sarana tersebut diantaranya gardu, tugu bertuliskan Pantai Pidakan, balai-balai, hingga kawasan parkir yang bersih, nyaman dan rapi tertata.

Untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan pantai, pengelola menyediakan banyak tempat sampah agar para pengunjung juga turut merawat kebersihan pantai ini. Walaupun sebenarnya pengelola secara rutin mengagendakan bersih-bersih pantai.

Jika ingin menuju ke Pantai ini, bisa ditempuh dari pusat kota Pacitan sejauh sekitar 30 kilometer, atau 15 kilometer dari pusat Kecamatan Tulakan. Nah, jika melewati Jalur Lintas Selatan, akan lebih mudah karena pantai ini berada dipinggir JLS, kurang lebih 1 kilometer jika ditempuh dari JLS.

Pengelolaan pantai

Warga setempat saat kerja bakti pembuatan fasilitas baru Pantai Pidakan. (Foto : Pantai Pidakan)
Warga setempat saat kerja bakti pembuatan fasilitas baru Pantai Pidakan. (Foto : Pantai Pidakan)

Kalau boleh dibilang, Pantai Pidakan ini adalah pantai yang dikelola secara maksimal oleh masyarakatnya. Beberapa waktu lalu saat berbincang dengan Pak Slamet, salah satu pengelola pantai menyebutkan bahwa kesadaran pengelolaan wisata pantai ini sangat tinggi.

Anda tentu tak percaya, warga yang tergabung dalam karang taruna di desa setempat mampu mengelola pantai ini, tapi inilah yang terjadi, Pantai Pidakan dikelola secara mandiri oleh masyarakat setempat. Hingga saat ini, dan menghasilkan kebermanfaatan dan kesejahteraan masyarakat.

Dengan adanya kolaborasi Pokdarwis Pantai Pidakan yang bekerja sama dengan Posdaya Dadirejo, menghasilkan pantai yang nyaman dikunjungi dan menjadikan sumber kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.

Menurut keterangan Pak Slamet, sudah ada pengelolaan mandiri, baik pengelolaan pantai maupun komunitas pedagangnya. Bahkan sering digelar pertemuan rutin pengelola pantai untuk membahas pengelolaaan pantai ini.

Di kawasan pantai, sering juga digelar gebyar musik di event-event tertentu, misalnya tahun baru, hari besar atau hari libur nasional. Dengan adanya event rutin ini secara langsung akan menambah pendapatan pantai dan juga menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Pacitan di sektor pariwisata.

Nah, demikian sedikit ulasan tentang Pantai Pidakan, salah satu pantai yang panoramanya menarik, indah, dan tentu jadi rekomendasi bagi Anda saat mengunjungi Pacitan.

Follow IG @dwipacitan