Indahnya Landmark Bebatuan yang Hiasi Pantai Pangasan Kebonagung

oleh -132.334 views
pangasan foto taken by @aditya.tp on instagram
pangasan foto taken by @aditya.tp on instagram
pangasan foto taken by @aditya.tp on instagram
pangasan foto taken by @aditya.tp on instagram

Pacitanku.com, PACITAN-  Akhir pekan tiba lagi. Saatnya kamu rencanakan agenda liburanmu di salah satu obyek wisata di Pacitan. Mungkin, saat kamu bosan dengan wisata yang itu saja, ada baiknya kamu cobain obyek wisata satu ini. Pantai Pangasan.

Kita pasti sepakat, bahwa hamparan pantai dengan ciri khas masing-masing adalah salah satu dari sekian banyak kekayaan wisata Pacitan. Satu lagi yang masih natural dan cukup unik dengan ciri khas yang berbeda adalah Pantai Pangasan dan Pantai Sangklehan. Nah, barangkali diantara kamu ada yang sudah kesana, karena pantai Pangasan belakangan ini mendadak populer di social media, dengan banyaknya petualang wisata yang mengupload landmark khas Pangasan di akun social media, terutama instagram.

Pantai Pangasan yang terletak di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus Kecamatan Kebonagung ini mungkin menjadi salah satu wisata pantai alternatif di Pacitan. Dua pantai ini, pantai Pangasan dan Pantai Sangklehan merupakan satu kawasan pantai yang masih sangat alami, dengan daya tarik utama Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran.

Pantai pangasan photo taken by @kallasyaifulh
Pantai pangasan photo taken by @kallasyaifulh

Namun, jangan harap kamu dapat menuju ke pantai ini dengan mudah, karena hingga ke lokasi, pada tahun 2015 ini belum diadakan pengembangan wisata, sehingga untuk menuju ke pantai, kamu musti melewati jalur yang cukup sulit.  Pantai ini memang masih terdengar asing di telinga sebagian besar masyarakat Pacitan, namun keindahannya jika pernah kesana tak pernah terlupakan.

Yang menjadi ciri khas dari pantai ini adalah adanya tebing batu yang cukup tinggi menjulang di sisi barat pantai. Penduduk setempat menamakan bukit batu tersebut dalah Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran, yang merupakan sebuah tanjung kecil yang seakan terpisah dari daratan utama.

Jika dilihat dari arah timur Gunung Lanang terlihat seperti batu yang menjulang tinggi. Sementara, di sisi barat pantai oleh warga setempat biasa disebut Pantai Pangasan, dengan kharakteristik pantai berupa batu karang.  Kemudian, di kawasan timur terdapat sungai yang membatasi kawasan barat yang didominasi batu karang dengan kawasan timur yang berpasir.

Sisi timur sungai ini oleh warga setempat dinamakan Pantai Sangklehan dan sudah masuk Desa Katipugal. Pantai Sangklehan di sisi timur sungai merupakan pantai dengan pasir hitam dengan batu-batu karang. Airnya sangat jernih. Dari sini Gunung Lanang juga masih bisa dilihat dengan jelas.

Pantai pangasan foto taken by @tiwihandaa
Pantai pangasan foto taken by @tiwihandaa

Sisi timur Pantai Sangklehan dibatasi dengan tebing batu tinggi yang dinamakan Gunung Ganjuran. Di tebing sisi timur pun ada gua kecil yang tidak begitu luas. Di dalam gua tersebut banyak terdapat bebatuan bulat dan juga merupakan habitat dari kelelawar.

Untuk masuk ke dalam gua harus menunggu ombak surut, karena pintu masuknya tepat berada di zona ombak pantai. Saat ombak laut sedang surut, kita bisa bermain air laut ataupun mencari kerang. Banyak terdapat kolam kecil yang berair jernih dengan ikan dalamnya, sangat cocok buat berenang atau sekedar berendam.

Jika akan menuju ke kawasan pantai ini, dari arah Kota Pacitan bisa diakses melalui JLS (Jalan Lintas Selatan). Kemudian melalui lewat fly over gayam dan kemudian bertemu pertigaan arah ke Balai Desa Kalipelus (ada tugu di tengah pertigaan). Pertigaan ini belok kiri dan tak lama kemudian bertemu pertigaan lagi ambil yang kiri, selanjutnya akan melewati SD di kanan jalan, kemudian Balai Desa Kalipelus, setelah itu jalan mulai menurun. Selanjutnya jika bertemu pertigaan ambil jalan yang kiri. Jalan kemudian masuk jalan tanah menyusuri punggungan bukit.

Setelah menyusuri jalan tanah di punggungan bukit, akan ada perempatan jalan setapak. Yang lurus naik, yang kanan menurun, yang kiri juga menurun, kemudian kamu ambil yang jalur kiri dan ikuti terus jalan setapak tersebut hingga parkir di area perkebunan warga. Selanjutnya, perjalanan selanjutnya hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki dengan menyusuri area pesawahan, masuk hutan, hingga akhirnya sampai di Pantai Pangasan dan Sangklehan. (RAPP002)