Top 15 Destinasi Wisata Pacitan, Kamu Pilih Mana?

oleh -1.401 views
Keindahan kawasan Pantai Soge dipotret dari udara. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pacitan adalah kota wisata. Banyak tempat wisata Pacitan yang tersebar di kecamatan di Pacitan. Sebagai referensi, berikut Pacitanku.com pilihkan 15 tempat wisata Pacitan yang bisa Anda jadikan referensi Liburan Lebaran Anda.

1. Pantai Klayar

Tulisan Pantai Klayar terpajang di bagian timur Pantai Klayar. (Foto: Suparman Maman)

Wisata pantai Pacitan yang satu ini menjadi obyek wisata unggulan dan sekaligus Ikon dari Kabupaten Pacitan. Namanya Pantai Klayar, yang akhir-akhir ini dijuluki Sphinx van Java. Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Pantai Klayar ini berada sekitar 35 sampai 40 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat di capai sekitar 90 menit dari kota Pacitan. Pantai Klayar akan terlihat tambah elok ketika anda berada disana saat cuaca sedang cerah, maka pada kondisi tersebut, akan ada sinergi biru laut demikian manis, membentur halus deretan karang hitam yang berbaris rapi di tepian, berpadu dengan Pasir putih yang mempesona.

Layaknya sebuah pesisir, vegetasi berupa pohon-pohon kelapa tumbuh liar di sekitarnya. Pun pada saat menjelang sore hari, Lembayung senja atau sunset dengan spektrum jingga kemerahan memeluk erat langit di garis batas barat. Pemandangan ini seperti menyaksikan alam asyik dengan romansa pesisirnya.

Sisi lain Pantai Klayar bukan hanya elok pada keindahan pasir putihnya saja. Tebing – tebing karst juga menjadi bagian tak terpisahkan dari Klayar Bagi yang asing dengan istilah ini, karst merupakan struktur bumi hasil pelarutan batuan gamping, granit, atau batuan pasir lainnya. Hampir sama dengan permukaan goa. Uniknya, gugusan karst di Pantai Klayar berukuran raksasa dan berwarna gading pucat.

2. Pantai Buyutan

Keindahan Pantai Buyutan di Desa Widoro Kecamatan Donorojo. (Foto: Dok Pacitanku)

Yang menarik dari Pantai ini adalah pasir putihnya yang indah dan bersih serta birunya warna laut yang berpadu dengan semilirnya angin khas pantai.

Pantai Buyutan adalah salah satu pantai di kota 1001 goa yang terletak di kecamatan Donorojo, Pacitan. Letak wilayahnya dekat dengan Pantai Klayar yang juga berada di daerah yang sama. Pantai ini bisa ditempuh dengan motor/mobil (tidak ada kendaraan umum) dari Kota Pacitan sejauh 44 km. Lokasinya tak jauh dari Pantai Klayar yang lebih terkenal itu, sekitar 4 km ke arah barat Anda akan bertemu dengan perempatan Desa Kalak, lalu ada petunjuk arah sederhana menuju Buyutan.

Perjalanan dapat ditempus sekitar 1,5 jam perjalanan dari pusat kota pacitan. Perjalanan yang ditempuh lumayan jauh dan juga jalan terjal dengan berbatuan memberikan kenikmatan tersendiri ketika kita telah sampai di lokasi pantai buyutan. Seperti halnya pantai-pantai lain di Pacitan, Buyutan juga merupakan pantai dengan pasir putih dengan panjang pantai yang cukup panjang. Di sebelah kanan terdapat beberapa batu karang yang saat sedang pasang hanya terlihat bagian atasnya aja.

Watu narada menjadi daya tarik utama Pantai Buyutan, yang bentuknya adalah batuan karang mirip tokoh pewayangan Batara Narada.

3. Pantai Banyu Tibo

Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono saat mengunjungi Pantai Banyu Tibo.

Salah satu pantai di Pacitan yang layak menjadi referensi wisata anda adalah Pantai Banyu Tibo Pacitan. Yang unik, pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini adalah Air Terjun yang berada di pinggir pantai dimana kucucan airnya langsung terjun ke pantai Selatan. 

Nama Banyu Tibo adalah nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar dimana air terjun tersebut berada.  Arti Banyu Tibo menurut bahasa jawa adalah air yang jatuh.  Yang membuat Banyu Tibo menjadi sangat menarik, yaitu air terjun ini terletak tepat berada di tepi bibir pantai.

4. Goa Gong

Goa Gong Pacitan. (Foto: Instagram Akawimi/Pacitanku)

Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorojo, Pacitan, 140 km selatan kota Solo atau 30 km arah Barat Daya Kota Pacitan. Disebut Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang ditabuh.

Letaknya tidak jauh dari gerbang masuk Kota Pacitan, petunjuk jalan menuju ke arah Goa Gong juga cukup jelas. Namun semakin mendekat ke Goa Gong, jalan yang dilalui semakin menyempit hingga akhirnya menemukan perempatan jalan yang kecil sebelum akhirnya memasuki pelataran parkir Goa Gong.

Jalan setapak menuju Goa yang telah disemen dengan baik dipenuhi dengan warung-warung yang mejajakan minuman dan makanan tradisional. Penjualnya kebanyakan perempuan dari yang berusia muda hingga nenek-nenek.

Nama Goa Gong diambil dari cerita yang beredar di masyarakat karena di dalam goa ini sering terdengar bunyi-bunyian yang menyerupai suara gong. Jika anda memukul atau mengetuk salah satu stalaktit dan stalakmit, maka akan berbunyi seperti dengungan gong yang memenuhi ruang di dalam goa.