Watu Narada dan Pantai Buyutan yang Elok

oleh -131.890 views
Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)
Tempat Wisata Pacitan, Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)
Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)
Pemandangan Watu Narada di pantai Buyutan yang elok. (Foto: Arif Sasono)

Pacitanku.com, DONOROJO – Salah satu pantai yang sangat elok dan menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Pacitan adalah Pantai Buyutan. Pantai yang terletak di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo ini memiliki kekhasan tersendiri, yakni watu narada.

Watu narada menjadi daya tarik utama Pantai Buyutan, yang bentuknya adalah batuan karang mirip tokoh pewayangan Batara Narada (baca: Narodo). Berdasarkan sejarahnya, pantai Buyutan terbentuk karena pengangkatan aktif di sepanjang pantai yang menghasilkan morfologi undak pantai setinggi puluhan meter.

Pulau karang dengan bentuk yang unik di lepas pantai merupakan sisa sebuah tanjung kecil yang hancur karena terpaan ombak dalam kurun waktu yang lama. Selain itu, Pantai Buyutan sebenarnya termasuk salah satu situs geologi warisan dunia dari Geopark Gunung Sewu Geoarea Pacitan.

Keindahan pantainya juga didukung dengan garis pantai yang cukup panjang, selain itu juga didukung pasir putih, air pantai yang jernih bersih dan tentunya fasilitas alam yang ada seperti ketersediaan sumber air tawar di sekitar pantai.

Jika anda berkunjung ke pantai ini, pemandangan lembayung senja maupun matahari terbit menjadi keunggulan yang menambah pesona pantai Buyutan. Rekomendasi terbaik adalah saat sore hari, sebab pantai Buyutan juga merupakan salah satu lokasi terbaik untuk menikmati sunset di Pacitan.

Dan kini, seiring semakin banyaknya pengunjung, tentunya Pantai Buyutan semakin dibenahi. Akses jalan kini sudah dibangun sampai tepi pantai. Fasilitas seperti sarana toilet juga sudah dibangun dan tentunya lagi mulai dibangun juga lapak pedagang dari penduduk sekitar yang mencoba memanfaatkan peruntungan dari pengunjung yang datang.

Lembayung senja di Pantai Buyutan. (Foto: Arif Sasono)
Lembayung senja di Pantai Buyutan. (Foto: Arif Sasono)

Jika ingin berkunjung dan menikmati watu Narada Pantai Buyutan, akses termudah menuju pantai ini adalah melalui jalur Punung- Gua Gong. Dari kawasan wisata Goa Gong ambil lurus arah ke Kalak atau Pantai Klayar. Di perempatan Kalak belok kiri, melewati Pasar Kalak. Setelah pasar ada pertigaan, ambil jalan yang kanan, kalau jalan yang kiri menuju Pantai Klayar dan Ngiroboyo. Ikuti terus jalan utama, sekitar 2 km ada pertigaan dengan penunjuk arah ke Pantai Buyutan. Ikuti terus jalan tersebut nanti akan sampai areal persawahan yang luas. Nah diujung area persawahan itulah letak Pantai Buyutan.

Akhirnya, selamat menikmati keindahan watu Narodo dan Pantai Buyutan, hanya di Pacitan. (Arif/Infonyapacitan/RAPP002)