Menteri PAN-RB Diganti, Berjanji Segera Tuntaskan Rekrutmen CPNS

oleh -823 views
Menpan RB Syafruddin menandatangani berkas pelantikan dirinya oleh Presiden Jokowi. (Foto: Setkab)

Pacitanku.com, JAKARTA – Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) resmi dijabat Komjen (purn) Syafruddin. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik mantan Komjen Syafruddin dan memberikan pesan dan arahan khusus kepada Syafruddin.

Baca juga: Pemkab Pacitan Usulkan Formasi CPNS, Mayoritas Guru SD

“Menyelesaikan semua program dan target yang sudah direncanakan MenPAN yang lama. Saya tinggal menyelesaikan. Perekrutan PNS dituntaskan,” ujar Syafruddin seusai pelantikan di Istana Negara, Rabu (15/8/2018).

Dikatakan Syafruddin, dirinya akan segera bekerja di KemenPAN-RB. Hal pertama yang akan dia lakukan adalah berkoordinasi dengan seluruh pejabat di Kemen-PAN RB untuk mendengarkan dan meminta masukan serta memberi pengarahan.  Dia juga akan menuntaskan soal perekrutan CPNS seperti yang diminta Presiden.

“Iya nanti kita rapatkan dulu, tapi semua program yang sudah diprogramkan, dicanangkan, direncanakan, itu akan kita laksanakan di sisa waktu pemerintahan ini, semua akan kita kerjakan, akan kita selesaikan karena waktunya tinggal setahun,” sambungnya menegaskan.

Selain itu, dia juga menghimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas dalam Pemilihan Umum 2019 mendatang.”Ya semua ASN netral. Kalau nggak, kita tindak seperti saya di Polri, semua anggota Polri harus netral kalau tidak out!,” kata Syafruddin.

Selain itu, lanjut Syafruddin, dirinya juga akan fokus mempersiapkan Asian Games 2018 yang dimulai 18 Agustus ini. Dia sudah meminta izin kepada Jokowi. Diketahui eks Wakapolri ini juga menjabat Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di Asian Games 2018.

“Saya sudah diizinkan untuk menyelesaikan tugas di Asian Games oleh Bapak Presiden. Jadi setelah ini saya konsentrasi dulu menyelesaikan tugas di Asian Games karena waktu tinggal dua hari,” ucapnya.

Mantan Wakapolri Syafruddin telah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) yang baru. Syafruddin dilantik di Istana pagi ini menggantikan Asman Abnur yang mengundurkan diri.

Baca juga: Begini Alur Pendaftaran CPNS yang Segera Dibuka

Seperti diketahui Asman Abnur mengundurkan diri dari posisi MenPAN-RB setelah partainya, PAN, memilih menjadi rival kubu Presiden Jokowi di Pilpres 2019. Sementara jabatan Syafruddin sebagai Wakapolri akan diisi oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz.

Syafruddin merupakan pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 12 April 1961. Perjalanan kariernya di kepolisian dimulai saat masuk ke pendidikan Akabri pada 1985.

Selepas pendidikan Syafruddin tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Mulai dari Kapolres Metro Jakarta Timur Polda metro Jaya, ajudan Wakil Presiden RI pada masa pemerintahan SBY-JK, Wakapolda Sumatera Utara hingga Kepala Divisi Propam Polri menggantikan Irjen Pol Herman Effendi.

Dua tahun lalu atau pada 2016, ia diangkat oleh Presiden Jokowi untuk menduduki jabatan Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Posisi tersebut menggantikan Budi Gunawan.