Menpan RB Minta Masyarakat Waspadai Informasi Hoaks Penerimaan CPNS

oleh -Dibaca 2.562 kali

Pacitanku.com, JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menegaskan bahwa saat ini belum ada penerimaan CPNS. Untuk itu, dia menghimbau untuk lebih cermat dan waspada serta tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak jelas kebenarannya.

“Belum ada formasi, kalau ada yang beredar itu tidak benar,” katanya, dikutip Pacitanku.com dari laman Kemenpan RB, Selasa (24/7/2018).

Dia mengatakan bahwa akhir-akhir ini tengah beredar informasi penerimaan CPNS. Padahal hingga saat ini belum ada penetapan formasi CPNS.

Baca juga: Pemkab Pacitan Usulkan Formasi CPNS, Mayoritas Guru SD

Informasi yang beredar di berbagai media sosial itu seolah-olah pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS pada Juli 2018. “Semua masih dalam proses,” ujarnya.

Kepada masyarakat, Kementerian PANRB menghimbau untuk lebih cermat dan waspada serta tidak mudah percaya dengan berita-berita yang tidak jelas kebenarannya. “Masyarakat bisa memantau melalui website resmi Kementerian PANRB yakni www.menpan.go.id,”tandasnya.

Hingga saat ini,  Pemerintah belum secara resmi membuka lowongan CPNS tahun 2018. Saat ini rencana tersebut masih terus disusun oleh pemerintah.

Awalnya pemerintah memperkirakan untuk mulai membuka lowongan pada akhir Mei 2018, kemudian berubah menjadi setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018, dan kini belum juga diumumkan.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan pemerintah belum juga mengumumkan pembukaan lowongan CPNS 2018 karena adanya perubahan metode untuk perhitungan kebutuhan CPNS.

Untuk diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan ikut melakukan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun ini. Untuk diketahui, BKN menetapkan formasi CPNS dari kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda) pada Mei ini. Selanjutnya, penerimaan CPNS 2018 akan dibuka setelah pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak Juni ini.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Pacitan, Fatkur Rozi kepada Pacitanku.compada Kamis (24/5/2018) mengatakan bahwa berdasarkan hasil analisis dari badan BKD, tenaga guru, utamanya guru Sekolah Dasar (SD) masih sangat dibutuhkan.

Dia mengaku formasi yang diusulkan ke Pemerintah Pusat sebanyak 1600 kursi kuota CPNS. Hanya saja, Fatkur tidak merinci satu-persatu formasi yang diusulkan.“Kita sudah usulkan, Pacitan sudah mengusulkan, tiap tahun juga begitu, tahun ini juga begitu, kita sudah mengusulkan 1600 kuota CPNS, tapi enggak tahu persetujuannya di sana,”katanya.

Dari total 1600 kuota yang diusulkan tersebut, kata dia, paling banyak dibutuhkan adalah CPNS kategori guru SD. Hal itu dikarenakan jumlah PNS guru SD yang pada tahun ini banyak yang memasuki masa purna tugas atau pensiun.

“Kita mengajukan (kuota) guru dan yang lain-lain, tapi yang paling dibutuhkan guru SD, tapi kebanyakan guru itu, tiap tahunnya kan pensiun kan sekitar 250 guru,”tandasnya. (RAPP002)

No More Posts Available.

No more pages to load.