Hari Anak Nasional, Mahasiswa UMM Ajak Siswa SD di Pacitan Rajin Gosok Gigi dan Cuci Tangan

oleh -Dibaca 1.964 kali

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 142 Universitas Muhammadiyah Malang menggelar kegiatan pengenalan hidup sehat sedari dini dalam rangka Hari Anak Nasional kepada siswa SDN Kasihan II pada Senin (23/7/2018) kemarin di Desa Kasihan, Kecamatan Tegalombo Pacitan.

Kegiatan yang bertemakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ini pertama diisi dengan mengajarkan materi tata cara menggosok gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar. Kemudian para siswa SDN Kasihan II diajak langsung mempraktikkan bagaimana tata cara mencuci tangan dan menggosok gigi di halaman SDN 02 Kasihan.

“Tak lupa untuk membangkitkan semangat para siswa SDN Kasihan II, para kakak pembimbing dari KKN 142 UMM memberikan sebuah lagu saat siswa mempraktikkannya dan diikuti sorak gembira para siswa,”kata Carina, salah satu anggota KKN kepada Pacitanku.com pada Selasa (24/7/2018).

Dia mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar para siswa sadar akan kebersihan dan kesehatan mulut dan tangan yang merupakan sumber kuman sejak dini.

“Selain itu juga karena pada saat ini masih sangat banyak sekali ditemukan kematian akibat air, sanitasi, perlaku hidup sehat, dan rendahnya kebiasaan mencuci tangan,”jelasnya.

Sementara, Kepala SDN Kasihan II Sunartin turut mengapresiasi kegiatan ini.

Sunartin menuturkan bahwa, pemahaman gaya hidup bersih dan sehat sangat penting dilakukan sejak dini. Apalagi di lingkup SDN Kasihan II, kesadaran akan menggosok gigi secara rutin dan mencuci tangan yang benar masih sangat jarang dilakukan.

“Kedatangan mahasiswa KKN 142 UMM sangat membantu membawa perubahan untuk siswa SDN Kasihan II,”pungkasnya.

Selain kegiatan bertemakan pendidikan, KKN 142 UMM yang diterjunkan di Desa Kasihan juga berencana membangun desa wisata rintisan di Desa Kasihan. (RAPP002)